Data Jamkesda Tak Bermasalah

jamkesda
foto:ist

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Jun Harto SKM melalui Kabid Pelayanan dan SDK, Jhoni menyampaikan, data penerima bantuan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) tidak ada persoalan. Meskipun di tahun 2018 lalu, ada perubahan data penerima.



”Adanya perubahan itu, ada usulan dari penerima yang bersangkutan mengusulkan sendiri, karena yang bersangkutan merasa sudah mampu. Termasuk adanya pemantauan yang dilakukan jajaran Dinsos dan BPJS Kesehatan,”ujarnya.

Meskipun tidak ada lagi persoalan dengan data penerima, Jhoni mengatakan, dana untuk Jamkesda tahun ini berkurang dari 2018 lalu. Pengurangan mencapai Rp 400 juta. Dengan adanya pengurangan dana tersebut tidak bisa merealisasikan ribuan peserta secara keseluruhan menerima bantuan Jamkesda lagi. “Tahun 2018 anggarannya Rp 1,5 miliar dan tahun ini Rp 1,1 miliar,”bebernya.

Ia juga menyampaikan, untuk tahun 2018 lalu dapat mengakomodir premi BPJS Kesehatan sebanyak 5.573 warga miskin. Premi untuk satu orang Rp 22 ribu per bulan dikali untuk satu tahun. Anggaran tahun 2019 ini Rp 1,1 miliar, secara otomatis jumlah warga yang akan mendapatkan jaminan kesehatan melalui Jamkesda dipastikan ikut berkurang. “Warga miskin yang menerima program Jamkesda tersebut disesuaikan dengan tersedianya anggaran. Untuk total warga miskin terdata mencapai 25 ribu orang,”ungkap Jhoni.(900)