Darah Pekerja Hiburan Malam Dites

IST/Bengkulu EkspressDinkes Bengkulu Utara melakukan pengambilan sampel darah para pekerja salah satu Tempat Hiburan Malam (THM) di Kecamatan Ketahun.

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress– Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bengkulu Utara (BU) mengambil sampel darah pekerja salah satu Tempat Hiburan Malam (THM) dan Pertambangan di Kecamatan Ketahun. Hal ini rutin dilakukan setiap tahunnya menjelang bulan suci Ramadan.

Plt kepala Dinkes Bengkulu Utara, Syamsul Maarief melalui Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinkes Bengkulu Utara, Ujang Ismail mengatakan kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahun di lokasi yang sama. “Kita mengambil sampel darah di tempat yang diduga memiliki risiko menjangkitnya HIV dan Aids untuk dicek,” kata Ujang.

Ujang menambahkan, saat melakukan tes darah, dari jumlah 159 orang yang dilakukan pengecekan, yang terdiri dari 112 laki-laki dan 46 perempuan, tidak ditemukan adanya yang terjangkit HIV dan Aids. “Dari hasil tes darah, semuanya negatif HIV Aids,” ujaranya.

Lebih lanjut Ujang menyempaikan, dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, pihaknya juga melibatkan anggota puskesmas di wilayah Kecamatan Ketahun serta memberikan konseling terhadap para pekerja THM dan karyawan tambang di daerah tersebut yang telah melakukan tes darah.

“Kami ingin semua orang mengetahui bahaya dari penyakit HIV Aids tersebut, dan mereka tahu cara menghindari dan menanggulanginya. Sebab, pada tahun 2017 sudah ada 2 orang yang meninggal karena Aid, dan 2017 juga ada 2 orang. Tetapi meninggalnya karena sudah parah dan penyakitnya sudah komplikasi,” tandasnya.(127)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*