Dapat Teguran Bawaslu, Mobil Dukling Pemkot Bengkulu Tak Bisa Beroperasi

FOTO IMAN/ BE – Plt Kadis Dukcapil Kota Bengkulu, Nofri Adriyanto.

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Mobil Dukling (Dukcapil Keliling) milik Pemkot Bengkulu saat ini tidak bisa beroperasi. Menurut keterangan Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bengkulu, Nofri Andriyanto saat ditemui, Senin (09/11), hal itu disebabkan mendapat teguran dari Bawaslu karena pada mobil terdapat gambar Walikota yang saat ini sedang maju dalam pemilu gubernur 2020.

“Ya sementara ini mobil dukling kita off kan dulu, belum bisa beroperasi dan kita belum bisa melayani masyarakat secara keliling. Setelah kita melakukan pertemuan dengan Bawaslu, mereka menjelaskan berdasarkan regulasi tak boleh menampilkan gambar kandidat peserta pemilu. Jadi untuk sementara mobil dukling kita tidak bisa beroperasi dan kita akan koordinasi lagi ke Plt walikota bagaimana baiknya,” jelas Nofri.

Menurut Nofri, hingga saat ini masih sekitar 1200 lebih warga yang belum melakukan perekaman KTP yang sebenarnya mobil dukling bisa menjadi andalan untuk menghandle warga yang tak sempat datang ke dukcapil. Untuk mensiasati hal tersebut agar pelayanan tetap berjalan, Dukcapil Kota Bengkulu mengalihkan dan menekankan urusan tersebut agar ditangani oleh kecamatan di tiap daerah di Kota Bengkulu.

“Sementara ini untuk pelayanan perekaman kita bebankan ke kecamatan. Kalau kita copot gambar di mobil itukan nanti untuk bikin ulangnya butuh biaya, karena itu memakai anggaran APBD,” tutup Nofri. (Imn)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*