Danrem Kolonel Inf Agung Pambudi, Ciptakan Kedamaian dengan Pembinaan Teritorial

Danrem
TIBA: Danrem 041 Gamas Kolonel Inf. Agung Pambudi yang menggantikan Kolonel Inf. Andi Muhammad disambut para perwira dan prajurit saat tiba di halaman Makorem 041 Gamas, Selasa (16/5). (Foto RIO/BE).

BENGKULU, BE – Kolonel Inf Agung Pambudi resmi menyandang jabatan sebagai Danrem 041/Gamas Bengkulu, menggantikan Kolonel Inf Andi Muhammad.

Kolonel Inf Agung Pambudi yang sebelumnya menjabat sebagai Komandan Brigadir Infanteri (Danbrigif) 6 Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad), disambut oleh prajurit TNI di Makorem 041/Gamas Bengkulu, kemarin (16/5).

Kolonel Inf Agung Pambudi yang baru menjabat menegaskan, pembinaan teritorial akan ia dilakukan, khususnya pembinaan kepada masyarakat. “Saling menjaga antar element masyarakat ini yang akan kita lakukan. Termasuk melakukan pembinaan-pembinaan supaya tercipta kedamaian di tengah masyarakat,” ujar Agung.

Agung menceritakan, ia baru pertama kali menjabat dan bertugas di Bengkulu. Namun untuk ditugaskan melatih, diakuinya bahwa dirinya pernah melatih prajurit TNI di Yonif 144 Jaya Yudha Curup saat hendak bertugas di Kalimantan. Saat itu Agung masih diamanahkan sebagai Danrindam II di Muara Enim.

“Di Bengkulu saya senang dengan nilai kebersamaannya. Langkah awal tentunya akan menjaga ketentraman semua element masyarakat,” paparnya.

Agung juga mengatakan, ia akan terus memperkuat semua batalion dan kodim yang ada di Bengkulu untuk bersama-sama menjaga ketentraman.

“Ini yang terus kita pertahankan. Penguatan semua batalion dan Kodim sangat penting untuk dilakukan,” tutup Agung. Sementara itu Kolonel Inf Andi Muhammad dengan jabatan baru sebagai Inspektur Kodam (Irdam) IV/Mulawarman itu berpesan kepada Danrem baru untuk terus menjaga ketentraman dan kedamaian yang salam ini telah terbangun di Provinsi Bengkulu.

“Selama saya disini (Bengkulu), wilayah ini penuh dengan kedamaian. Masyarakat benar-benar ingin damai, ini perlu dipelihara,” ujar Andi kepada BE, usai melakukan penyambutan Danrem Baru, di Makorem 041/Gamas Bengkulu, kemarin (16/5).

Andi yang telah menjabat sebagai Danrem 041/Gamas Bengkulu selama 1 tahun 13 hari itu, mengatakan, konflik masyarakat di Bengkulu tidak bergejolak secara segnifikan.

Sebab selama ini, Korem 041/Gamas terus merangkul semua masyarakat, baik dari kalangan tokoh masyarakat, tokoh agama, pejabat daerah hingga instansi vertikal lainnya. Sehingga ketentraman yang ada di Bengkulu terus terjadi, sampai saat ini.

“Kehidupan di Bengkulu ini sangat sejuk kemudian hubungan kekeluargaan bersama stakeholder terus terjalin,” ujar Andi mengenai mengenang suasana selama ia di Bengkulu.(151)