Danrem Ikut Sukseskan HPN 2014

RIO-COFFEE MORNING DANREM BERSAMA WARTAWAN (4)BENGKULU,BE– Komandan Korem (Danrem) 041 Garuda Emas (Gamas) Bengkulu Kolonel Teguh Pambudi mengajak masyarakat untuk menyukseskan peringatan HPN 2014. Event nasional  harus disukseskan karena merupakan kepercayaan yang diberikan pusat kepada Bengkulu. “Efek domino dari penyelenggaran HPN 2014 ini cukup besar bagi masyarakat di daerah ini. Informasi yang saya terima setiap daerah yang pernah menjadi tuan rumah penyelenggara HPN akan mendapat dana pembangunan cukup besar,” ujarnya, saat Coffee Morning dengan pimpinan media, PWI, dan LSM di Balai Prajurit, kemarin.
Danrem mengatakan, banyaknya dana pembangunan mengalir ke Bengkulu, maka  kegiatan pembangunan di daerah ini akan meningkat, sehingga secara tidak langsung ekonomi masyarakat akan meningkat. Dengan demikian, Bengkulu dapat memperbaiki citra daerah ini tingkat nasional. “Belakangan ini citra Bengkulu sedikit agak tercoreng karena pejabatnya banyak masuk penjara karena melakukan korupsi,” katanya.
Citra jelek ini diharapkan dapat terhapus dari penyelenggaraan HPN yang tinggal 6 bulan lagi.  “Jadi, kita semua, termasuk kalangan pers sendiri harus menyukseskan kegiatan ini,” ujarnya. Selain itu, dia mengatakan, potensi ekonomi Bengkulu cukup besar. Namun belum dimanfaatkan secara maksimal sehingga tidak memberikan kesejahteraan.
“Sampai sekarang belum dimanfaatkan secara optimal oleh para pelaku ekonomi setempat. Padahal, fasilitas yang ada di pelabuhan tersebut sudah cukup baik,” katanya.
Dari informasi yang didapat sampai sekarang baru 40 persen barang yang dikapalkan melalui pelabuhan tersebut. Padahal, kapal-kapal besar sudah bisa masuk dengan baik ke pelabuhan Pulau Baai. Pemprov Bengkulu harus mendorong para pengusaha di daerah  untuk memanfaatkan pelabuhan Pulau Baai sebagai tempat pengapalan barang. “Kalau barang diangkut dengan menggunakan kapal biayanya jauh lebih murah dibanding lewat darat,” terangnya.
Dia mengatakan, ternayata acara HPN 2014 sangat luar biasa besar, dan memiliki pengaruh pembangunan untuk daerah. “Saya baru mengetahui ini, saya harap penyelenggaraan HPN 2014 ini disosialisasikan kepada semua pihak, agar ikut serta menyukseskan. Silahkan pakai gedung ini (Balai Prajurit) gratis,” ujar Danrem ini.
Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Bengkulu Sukatno SPd mengatakan, hari Pers Nasional (HPN) 2014 harus dimanfaatkan untuk menggaet dana sebanyak-banyaknya dari Pemerintah Pusat.  Sebab itu, Pemerintah Provinsi Bengkulu harus bisa menghadirkan sebanyak-banyaknya menteri untuk menghadiri HPN 2014. “Seperti di NTT, ada 24 menteri hadir dalam peringatan HPN di Bengkulu. Ini karena Gubernur NTT mewajibkan kepala dinasnya mendatangkan menterinya masing-maisng. Tidak hanya datang, tetapu harus membawa dana. Kalau tidak, kepala dinasnya dicopot,” ujar General Manager (GM) Bengkulu Ekspress ini.
Dia kembali meceritakan, dengan kedatangan banyak menteri, NTT mendapatkan anggaran pembangunan dari pemerintah pusat senilai Rp 11 triliun. “Padahal daerah tersebut sangatlah miskin, saat itu dibandingkan Bengkulu, serta pelayanan juga sangat luar biasa, dibandingkan dengan HPN di Manado,” ujarnya. Ditambahkanya, pelaksanaan HPN di NTT, benar-benar memberikan pelayanan prima kepada para tamu-tamunya. “Meskipun banyak kekurangan, tetapi tertutup dengan pelayanan yang bagus kepada tamu-tamunya. Bengkulu tinggal memilih, mau mencontoh yang bagus atau yang buruk,” ujarnya.
Dia menegaskan, HPN hanyalah sarana untuk menarik anggaran dari APBN. “PWI hanyalah jembatan, saranya adalah HPN. Soal dapat dana pembangunan dari pusat atau tidak, bukan tanggung jawab PWI, tetapi tergantung dengan kerja keras Pemda,” tegasnya.(100)