Danrem Beri Pelatihan Bela Negara

ari, Danrem 041 Garuda emas saat memberikan pelatihan bela negaraCURUP, BE – Untuk mengantisipas adanya proxy War (Perang Proksi) yang dapat mengancam kedaulatan Indonesia ke depannya. Korem 041/Gamas menggelar kegiatan sosialisasi proxy war di Markas Batalyon 144 Jaya Yudha Curup. Hadir dalam pemateri kegiatan tersebut adalah Komandan Korem 041/Gamas Kolonel Inf Achmad Sudarsono.
“Kegiatan sosialisai yang kita lakukan ini sesuai dengan intruksi KSAD. Kegiatan ini akan dilakukan pada smeua komponen masyarakat salah satunya mahasiswa,” ungkap Danrem setelah menjadi pemateri Jumat (21/11), kemarin.
Menurut Danrem, dengan adanya kegiatan Sosialisasi ini diharapkan masyarakat bisa mengerti dan selalu waspada terhadap indikasi-indikasi Proxy War. Dengan mengetahui tersbeut diharapkan masyarakat bisa mencegahnya.
Terkait dengan Proxy War, Danrem menjelaskan Proxy War adalah perang, dimana pihak lawan menggunakan pihak ketiga sebagai pengganti pertempuran.  Dalam perang tersebut kekuasaan kadang-kadang digunakan pemerintah sebagai proksi. Sedangkan pelakunya adalah tentara bayaran. Biasanya perang proksi berfungsi terbaik selama perang dingin, karena mereka menjadi kebutuhan dalam melakukan konflik bersenjata antara setidaknya dua pihak yang berperang sambil terus perang dingin.
“Negara kita merupakan negara yang kaya akan sumberdaya alam. Kekayaan kita tersbeut diincar oleh negara-negara besar, oleh karena itu perlu antisipasi mulai saat ini,” tambah Danrem.
Dalam kegiatan sosialisai tersebut peserta yang merupakan mahasiswa diberi pengetahuan tentang pentingnya wawasan kebangsaan. Menurut Danrem dengan semakin majunya teknologi saat ini mahasiswa tetap bisa menanamkan rasa cinta tanah air.
Peserta kegiatan sosialisais kemarin sebanyak 150 Mahasiswa yang berasal dari beberapa perguruan tinggi yang ada di Kota Curup seperti dari STAIN Curup, Politeknik Raflesia, dan AKN Curup. Peserta kegiatan tampak antusias mengikuti kegiatan ini, hal tersebut dilihat dari banyaknya mahasiswa yang mengajukan pertanyaan kepada Danrem. (251)