Danlatemal Resmikan Lapangan Tembak

RIO/Bengkulu Ekspress DIRESMIKAN: Danlantamal II Padang Laksamana Pertama TNI Agus Sulaeman dan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menandatangani sekaligus meresmikan Lapangan Tembak Wilson Kainama Yacobus milik Lanal Bengkulu, Rabu (17/7)

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Pangkalan TNI AL (Lanal) Bengkulu, akhirnya memiliki lapangan tembak yang berada di dalam area Mako Lanal. Lapangan tembak yang diberi nama Wilson Kainama Yacobus tersebut, diresmikan Komandan Lantamal (Danletemal) II Padang, Laksamana Pertama TNI Agus Sulaeman MSc, Rabu (17/7).

Komandan Lantamal II Padang, Laksma TNI Agus Sulaeman mengatakan, dengan adanya lapangan tembak tersebut, Lanal Bengkulu, harus menjaga dan memanfaatkan sebaik mungkin. Peruntukannya bukan hanya untuk mengasak profesionalitas prajurit lanal dalam menggunakan senjata api jenis pistol, tetapi bisa dimanfaatkan instansi atau organisasi yang ada di Bengkulu. Lapangan tembak tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk mengasah dan membina atlet di Bengkulu.

“Bukan tidak mungkin jika dikelola dengan baik, kedepan bisa muncul atlet tembak yang lebih baik dimasa akan datang,” tegas Laksma TNI Agus Sulaiman.

Senada dikatakan Danlanal Bengkulu, Letkol Laut (P) M Andri Wahyu Sudrajat ST, lapangan tembak tersebut bukan hanya diperuntukkan untuk prajurit Lanal Bengkulu, tetapi intansi lain, atlet, masyarakat dan komunitas menembak bisa menggunakannya pula. Untuk itu, tentu ada prosedur dan aturan yang harus ditaati nantinya.

Lapangan tembak tersebut rencanannya dioperasikan setiap tiga bulan satu kali. Kedepan Lanal Bengkulu masih akan melengkapi sejumlah fasilitas pendukung dilapangan tembak khusus pistol tersebut. Lapangan tembak tersebut dibangun dari dana hibah Pemprov Bengkulu.”Kedepan tentu kita lengkapi fasilitas lain, sehingga siapa saja yang menggunakan lapangan tembak ini nyaman,” jelas Danlanal.

Kapolda Bengkulu, Brigjen Pol Drs Supratman, yang mencoba langsung lapangan tembak memberikan komentar positif. Bahkan Kapolda mengatakan, lebih mudah mengajak Lanal dan Korem untuk melakukan latihan menembak bersama. Polda Bengkulu memang sudah memiliki lapangan tembak sendiri di Mako Brimob. Hanya saja lapangan tembak tersebut terbuka dan bisa menggunakan senjata laras panjang. Lapangan tembak lanal hanya diguanakan untuk senjata api jenis pistol.

“Lanal Bengkulu sudah punya lapangan tembak sendiri dan ini sangat bagus sekali. Kita bisa termotivasi, nanti Polda jajaran, Lanal dan Korem akan lebih mudah menentukan jadwal untuk latihan menembak bersama,” tegas Kapolda.

Gubernur Bengkulu, H Rohidin Mersyah MMA mengatakan, kedepan bisa saja Pemprov Bengkulu bakal membantu melengkapi fasilitas lapangan tembak tersebut. Dengan syarat harus disesuaikan dengan kemampuan anggaran yang dimiliki Pemprov Bengkulu. Terakhir Gubernur menilai peran Lanal Bengkulu, sangat besar menjaga laut Bengkulu, yang dikenal memiliki garis pantai cukup panjang. Ditambah lagi aktifitas sektor ekonomi sektor laut sangat besar. Peresmian lapangan tembak tersebut dihadiri pula perwakilan Kejati Bengkulu, GM Pelindo II, sejumlah unsur FKPD dan pimpinan media cetak dan elektronik di Bengkulu.(167)