Danlanal Lepas Peserta Putra-Putri Maritim

lanal (2)
RIZKY/Bengkulu Ekspress
Danlanal Bengkulu, Letkol Laut (P) M Andri Wahyu Sudrajat, Asisten II Setdaprov Bengkulu, Yuliswani dan pejabat lainnya foto bersama putra-putri maritim diberangkatkan ke Jakarta, kemarin (19/9).

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Bengkulu, Letkol Laut (P) M Andri Wahyu Sudrajat melepas enam orang putra-putri terbaik Bengkulu untuk berkompetisi dalam pemilihan putra-putri maritim tingkat nasional di Jakarta. Pelepasan peserta pemilihan putra-putri Maritim tingkat nasional tersebut dilakukan di Bandara Fatmawati Bengkulu, Rabu (19/9) siang.

Menurut Danlanal Bengkulu, Letkol Laut (P) M Andri Wahyu Sudrajat, ini baru pertama kali Bengkulu mengirimkan peserta untuk berkompetisi dalam pemilihan putra-putri maritim. Meski baru pertama, Danlanal berharap enam orang putra-putri yang dikirim tersebut memberikan penampilan terbaik sehingga mampu membawa nama baik Bengkulu. Berbicara target, Danlanal berharap putra-putri dari Bengkulu bisa menembus 3 besar nasional, jika bisa menjadi juara.

“Saya harap bisa bersaing dengan peserta lain, semoga kalian bisa menembus 3 besar atau jika bisa juara 1,” terang Danlanal.

Sejumlah persiapan dan pembekalan sudah diberikan kepada peserta, seperti materi bela negara, kamaritiman, pengetahuan, kemampuan bahasa dan tradisi asli dari Bengkulu. Terkait tradisi asli, peserta akan menonjolkan Dol.

“Nanti mereka akan dikarantin selama 10 hari dan bersaing dengan peserta dari 34 provinsi. Mereka sudah diberi pembekalan agar bisa bersaing dengan peserta lain,” imbuh Danlanal.



Sementara itu, Asisten II Setdaprov Bengkulu, Hj Yuliswani SE mengatakan, enam orang peserta tersebut sudah diberikan pembekalan terbaik agar bisa bersaing dengan peserta lain. Terutama terkait kearifan lokal, budaya serta kemaritiman di Provinsi Bengkulu. Salah satu yang ditonjolkan adalah, Provinsi Bengkulu memiliki 7 kabupaten yang memiliki potensi wisata bahari, karena 7 kabupaten tersebut berada di sepanjang pesisir pantai. Peserta juga diharapkan bisa memperkenalkan potensi wisata yang ada di Bengkulu kepada peserta lain.

“Semoga mereka bisa bersaing dengan peserta lain sehingga bisa menjadi yang terbaik untuk Bengkulu dan diri sendiri,” pungkas Hj Yuliswani.(167)