Danlanal: Jadikan Desa Linau Mitra Laut

Danlanal Bengkulu melakukan pembinaan terhadap desa pesisir kemarin (ROFI BE)BINTUHAN, BE- Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Bengkulu dan Danposal AL Linau kemarin melaksanakan kegiatan pembinaan terhadap Desa Pesisir di Desa Linau Kecamatan Maje. Dalam pembinaan tersebut langsung dilakukan oleh Danlanal Bengkulu Letkol Laut Horas Wijaya Sinaga diwakili  oleh Komandan Kal Letkol Laut Hidayat dan Papotmar Lettu Sugeng dan Danposal AL Linau Pelda Laut Wawan Setiawan serta Kepala DKP Kaur Ir Yetminson diwakili oleh Kabid Pengawasan Fery Adriansyah SPi serta 30 nelayan Linau sebagai mitra laut yang siap bela negara yang dibina.

Dalam pembinaan tersebut memang banyak persoalan yang diketahui oleh para nelayan. Namun disamping itu memang nelayan sebelumnya  banyak mengeluhkan persoalan adanya Kapal Cicin yang memasuki wilayah Kaur. Sehingga sangat meresahkan para nelayan Kaur saat ini, disamping itu juga sebagai mitra laut nelayan juga jika ada bantuan alat tangkap yang modern. Selain itu pula nelayan dalam bela  negara diminta untuk menjaga lingkungan laut, jangan sampai adanya pencemaran sehingga merugikan nelayan dan masyarakat lainya.

Kabid Pengawasan DKP Kaur Fery Adriansyah SPi mengatakan bahwa memang Kapal Cicin yang saat ini meresahkan warga khususnya nelayan, pihaknya akan menyikapi. Karena hal ini persoalan yang rumit dan sangat urgen. “Kita akan bersama-sama mencari jalan keluarnya mengenai hal tersebut, namun upaya kita tetap  menjaga persatuan nelayan. Karena wilayah laut jika masih orang Indonesia maka sah-sah saja,  kecuali jika ada kapal asing maka harus ada tindakan, disamping itu jika ada yang mencemari maka  tugas kita menegurnya,” jelasnya.

Papotmar Lettu Sugeng menegaskan dalam melakukan pembinaan Desa Pesisir merupakan program Danlanal bengkulu yang harus dikembangkan dengan baik. Karena dengan adanya binaan maka sebagai mitra laut, harus benar-benar dijaga dan dipelihara dari hal-hal yang merusak lingkungan laut. Makanya nelayan wajib menjalankan bela negara dengan mencegah yang merusak laut.
“Makanya peran kita bersama menjaga laut agar tetap bersih, sehingga laut yang ada disekitar kita merupakan tugas kita bersama agar selalu menjadi perhatian jika ada gaguan. Maka tugas kita khususnya nelayan harus wajib mencegahnya,,” jelasnya.(823)