Danlanal Bengkulu Ikuti FPC di USA

Sukseskan PP18 di Provinsi Bengkulu

Perwakilan dari 17 negara dalam rapat koordinasi FPC PP18 di San Diego, California, USA foto bersama, kemarin (17/1).
Perwakilan dari 17 negara dalam rapat koordinasi FPC PP18 di San Diego, California, USA foto bersama, kemarin (17/1).

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Bengkulu, Letkol Laut (P) Agus Izudin adalah satu dari lima delegasi dari Indonesia yang mengikuti Rapat Koordinasi Final Planning Conference Pacific Partnership 2018 (FPC PP18) di San Diego, California, USA sejak 16 hingga 19 Januari 2018. Hal ini menyusul Provinsi Bengkulu yang ditunjuk menjadi tuan rumah penyelenggara Pacific Partnership 2018 (PP18) pada 29 Maret 2018 mendatang.

Danlanal mengatakan, FPC PP18 ini dalam rangka meningkatkan kapabilitas dan interoperabilitas Sipil-Militer dalam penanggulangan bencana dan bantuan kemanusiaan serta meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat setempat dalam menghadapi bencana.

Penanggulangan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana ini sangat penting, mengingat Provinsi Bengkulu termasuk daerah rawan bencana sehingga diperlukan kesiapsiagaan yang maksimal.

“Kegiatan ini sangat penting sehingga belasan negara juga turut serta mengikuti rapat koordinasi ini,” ujar Agus, kemarin (17/1).

Sebanyak 17 negara yang mengikuti rapat koordinasi FPC PP18 ini, mulai dari Amerika Serikat, Australia, Perancis, Jepang, Peru, Inggris, Filipina, Vietnam, Thailand, Sri Lanka, Palau, Malaysia, Indonesia, Jepang, Yap, Federasi Mikronesia, dan Korea Selatan.

Indonesia bisa mengikuti kegiatan ini dan berhasil mengirimkan sebanyak 5 orang delegasi berkat kerjasama antara Mabes TNI dengan United States Command Pacific Fleet (US COMPACFLT).

“Rapat perencanaan akhir PP18 ini juga sekaligus sebagai persiapan pelaksanaan PP18 di Provinsi Bengkulu,” jelas Agus.

Rapat perencanaan akhir PP18 ini akan dilaksanakan selama 4 hari sejak 16 hingga 19 Januari 2018 di atas kapal milik USNS Mercy yang bersandar di San Diego Naval Base. Rapat ini membahas pelaksanaan PP18 di Provinsi Bengkulu pada 29 Maret 2018 mendatang, dan sekitar 800 personil US Navi akan datang ke Bengkulu untuk melaksanakan kegiatan bakti sosial.

“Banyak kegiatan bakti sosial yang akan dilakukan oleh ratusan personel US Navi nanti,” sambung Agus.

Acara yang juga dipelopori oleh USA Senior Leader Pacific Partnership ini akan menggelar banyak kegiatan bakti sosial mulai dari kegiatan medis, engineering (pembangunan) serta pelatihan tanggap bencana. Semua kegiatan bakti sosial tersebut merupakan bentuk perhatian Mabes TNI terhadap daerah rawan bencana di Indonesia khususnya di Provinsi Bengkulu.

“Semoga kegiatan PP18 di Bengkulu nanti dapat terselenggara dengan lancar dan aman,” tutur Agus.

Untuk itu, Danlanal selaku Wadansatgas dalam kegiatan ini mengharapkan dukungan dan bantuan dari semua stakeholder agar dapat terselenggaranya kegiatan PP18 di Provinsi Bengkulu dengan lancar dan aman. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat terutama untuk melatih diri agar tanggap bencana.

“Kami mengharapkan dukungan semua pihak agar kegiatan ini terlaksana dengan baik dan bermanfaat sebagai upaya tanggap bencana di Bengkulu,” tutup Agus.

Untuk diketahui, kelima delegasi yang berangkat ke FPC PP18 mwakili Indonesia yakni dari Letkol Laut (K) dr Tjahja Nurrobi mewakili Dinas Kesehatan TNI AL (dhi. RSAL Mintoharjo), Letkol Laut (K/W) dr Ayu Chandra mewakili Pusat Kesehatan TNI, Danlanal Bengkulu Letkol Laut (P) Agus Izudin mewakili Provinsi Bengkulu, Mayor Laut (P) Iwan Effendi mewakili Staf Operasi Mabes TNI, dan Ibu Elly K mewakili Kantor Kerjasama Pertahanan (ODC) Amerika Serikat di Jakarta. (999)