Dandim: Waspadai Gerakan Radikal

Dandim 0423/BU Letkol Czi Syaiful Rachman SE
Dandim 0423/BU, Letkol Czi Syaiful Rachman SE

ARGA MAKMUR, BE – Maraknya bom bunuh diri yang belakangan ini terjadi di beberapa wilayah di Indonesia, membuat Kodim 0423 dan Polres Bengkulu Utara (BU) mengajak masyarakat untuk mewaspadai gerakan radikal yang dapat memecah kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesi (NKRI).

Dandim 0423/BU Letkol Czi Syaiful Rachman SE mengatakan, pentingnya peran serta masyarakat dalam menjaga keutuhan NKRI. Salah satunya, dengan melaporkan segala gerakan yang mencurigakan ditengah-tengah masyarakat. Sehingga dapat dilakukan tindakan pencegahan segera, sebelum menimbulkan hal yang tidak diinginkan.

“Kita menghimbau kepada masyarakat dan semua pihak untuk peduli terhadap lingkungan. Sehingga jika mengetahui adanya gerakan yang mencurigakan, untuk segera melaporkannya kepada penegak hukum,’’ ujarnya kepada Bengkulu Ekspress (BE) ketika ditemui, kemarin (28/2).

Dandim juga menyebutkan Kodim 0423 bersama pihak Polres BU selalu berkooridasi dalam melakukan pemantauan dan pencegahan terhadap gerakan radikal, baik aliran kiri maupun kanan. Agar situasai yang telah damai di BU ini dapat terus terjaga.

“Kami baik dari TNI maupun Polri selaku memonitoring hal-hal yang mencurigakan itu. Jangan sampai situasi yang damai dan kondusif di Kabupaten Bengkulu Utara ini menjadi rusak,’’ ungkapnya.

Untuk itu, jika masyarakat menemukan hal yang mencurigakan atau orang yang tidak dikenal masuk ke suatu wilayah, maka masyarakat dapat melaporkan kepada Babinsa dan Babinkantibmas serta Ketua rt/rw, Desa/Kelurahan dan Polsek maupun Koramil terdekat.

“Masyarakat dapat melapor ke babinsa atau Babinkantibmas, rt/rw serta pihak desa setempat. Jadi dapat segera diredam aksi-aksi radikal tersebut,’’ pungkasnya.(816)