Danau Nibung Butuh Rp 27 M

Budi/Bengkulu Ekspress
PARIWISATA: Penataan hingga danau nibung dipercantik butuh Rp 27 miliar

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Mukomuko, Apriansyah ST MT menyampaikan, kebutuhan anggaran untuk menata, pengembangan hingga dipercantiknya objek wisata Danau Nibung, total kebutuhan anggaran mencapai Rp 27 miliar.

“Total kebutuhan mempercantik Danau Nibung dengan luas area 15 hektar kebutuhan anggaran berdasarkan hasil Detail Engineering Design (DID) sebesar Rp 27 miliar,” bebernya. Belasan hektar itu di dalam garis sempadan danau.

“Kami juga masih terus berkoordinasi dengan pihak balai sungai perwakilan Bengkulu dan kementerian pariwisata RI,” ujarnya.

Sedangkan untuk tahun 2020 mendatang, pengembangan objek wisata tersebut baru diplotkan pemerintah pusat sebesar Rp 3,8 miliar. DID nya sudah selesai dan tinggal menunggu proses lelang yang akan dilakukan awal tahun depan. “Khusus untuk anggaran Rp 3,9 miliar sudah siap DID nya dan akan dilakukan lelang awal tahun 2020 mendatang,” katanya.

Dari total anggaran yanag bersumber Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 3,9 miliar tersebut akan membangun tiga item pekerjaan yakni, pembangunan dermaga wisata dengan alokasi dana sekitar Rp 1 miliar. Pembangunan landscape, meliputi taman, lampu taman dan gazebo dengan alokasi anggaran sekitar Rp 1,8 miliar dan dibangun pusat kuliner dan mushola dengan anggaran Rp 977 juta. “Pedagang yang ada saat ini akan kita pindahkan dipusat kuliner yang akan dibangun,” katanya.

Berbagai pembangunan ini tujuannya tidak lain untuk meningkatkan daya tarik objek wisata Danau Nibung yang akan menarik banyak wisatawan berkunjung ke Mukomuko dan akan berimbas positif untuk peningkatan perekonomian masyarakat.(900)