Danau Dendam Tak Sudah Berpeluang Turun Status

Danau Dendam tak SudahBENGKULU, bengkuluekspress.com – Kawasan Cagar Alam (CA) Danau Dendam Tak Sudah (DDTS) berpeluang besar untuk diturunkan statusnya menjadi Taman Wisata Alam (TWA). Sebab, pengajuan penurunan status terhadap kawasan tersebut telah disampaikan Pemprov Bengkulu malalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

“Pengajuan penurunan status tersebut sudah diterima dan sangat mungkin diakomodir nantinya. Untuk saat ini kita tinggal menunggu persetujuan proses penurunan status DDTS oleh Kementrian LHK di Jakarta,” ungkap Kadis LHK Provinsi Bengkulu, Agus Priambudi, Senin (23/10/10).

Menurut Agus, penurunan status DDTS yang diajukan tersebut, dari status kawasan saat ini masih CA, dan kedepannya turun menjadi kawasan Taman Wisata Alam (TWA).

“Kalau DDTS sudah berstatus TWA, tentu saja nantinya bisa dimanfaatkan. Seperti air danau saja, bisa baik dan bersih karena disana terdapat tumbuhan dari jenis bakung,”ujarnya.

Lanjut Agus, kawasan danau bisa juga dimanfaatkan untuk wisata air. Sekitar danau bisa dilewati atau dikelilingi dengan membuat jalan stapak atau jogging track.

“Selain itu bisa dijadikan wilayah peristirahatan dengan memaksimalkan potensi yang dimiliki DDTS. Sebaliknya jika status DDTS tetap CA, fungsi dan pengelolaannya sangat terbatas,” ujarnya.

Sebelumnya, Plt Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah menyampaikan, penurunan status terhadap DDTS diajukan agar bisa memaksimalkan pemanfaatanya sebagai salah satu destinasi wisata di Provinsi Bengkulu.

“Dengan statusnya saat ini kita tidak bisa melakukan kegiatan restorasi dan penambahan sarana atau pun prasarana penunjung wisata lainnya,” ungkap Rohidin. (Dil)