Danau Dendam jadi Pusat Wisata Baru

Danau Dendam Tak Sudah

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu tengah menggejot potensi wisata yang ada di Bengkulu. Salah satunya mengembang potensi wisata baru Danau Dendam Tak Sudah yang berada di pusat Kota Bengkulu.

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah MMA mengatakan, pembangunan pusat wisata baru ini setelah adanya persetujuan penurunan status Danau Dendam Tak Sudah dari Cagar Alam menjadi Taman Wisata Alam (TWA).

“Tata ruangnya sudah selesai, jadi tinggal penurunan status saja,” ujar Rohidin kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (4/1).

Danau Dendam itu nantinya akan disulap menjadi wisata andalan. Sebab, selain memang danau yang masih alami, juga lokasi danau sangat sterategis untuk dikunjungi wisatawan. Lokasinya sangat berdekatan dengan kota, bahkan jalan menuju ke Danau Dendam tersebut saat ini juga sudah baik dari sebelumnya.

“Target kita akan menarik wisatawan datang ke Bengkulu,” tambahnya.

Pembangan kawasan wisata baru danau itu nantinya akan mulai dianggaran oleh APBD Provinsi. Semua fasilitas wisata akan dipenuhi untuk mendukung kenyamanan wisatawan datang ke danau tersebut. Dipastikan, danau di tengah kota ini nantinya akan menjadi lokasi strategis para wisatawan datang ke Bengkulu.

“Bertahap kita benahi wisatanya,” paparnya.

Selain penuruan status cagar alam menjadi kawasan TWA di Danau Dendam, untuk pembangan jalan ring road Air Sebakul – Nakau juga akan segera dibangun. Pembangunan itu ditargetkan akan dilakukan pada tahun 2018 ini. Sebab, Kementeriaan PUPR RI telah menyetujui untuk melakukan pembangunan jalan ring road tersebut.

“Tahun ini ring road sudah bisa dibangun. Jadi terbukanya akses jalan ini bisa sangat membantu masyarakat kita,” tandas Rohidin. (151)