Dana PKH Disalurkan Maret

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress – Jika tidak ada kendala, bulan Maret mendatang, dana Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Bengkulu Utara (BU) akan dibagikan kepada penerimanya.

Dana tersebut juga diberikan 13.476 penerima baru yang merupakan penerima tambahan.

“Insya Allah bulan Maret sudah dibagikan. Kita juga akan mendapatkan tambahan kuota PKH sebanyak 13 ribu lebih KPM,’’ ujar Plt Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Bengkulu Utara, Ir Suharto Handayani kepada Bengkulu Ekspress (BE), kemarin (14/1).

Suharto, menambahkan untuk penyaluran dana PKH menunggu jadwal dari Hibara (Himpunan Bank Negara). Karena, dana PKH disalurkan langsung melalui Bank Mandiri untuk Kabupaten Bengkulu Utara. Untuk itu, sepenuhnya diserahkan dan menjadi tanggungjawab pihak Bank Mandiri.

‘’Penyalurannya melalui Bank Mandiri. Kita masih menunggu jadwal pasti kapan kesiapan dari Bank Mandiri untuk menyalurkannya,’’ ungkapnya.

Mengenai tambahan 13.476 KPM, Suharto mengaku belum mendapatkan Surat Keputusan (SK) persetujuan dari Menteri Sosial (Mensos). Namun, ia berharap Mensos dapat menerima tambahan usulan itu, apalagi data itu sudah melalui proses verifikasi dan validasi (verivali).

‘’Sudah kita usulkan. Saat ini, masih menunggu SK dari Mensos. Apalagi, Mensos yang dikabarkan akan ikut dalam Pilkada Jawa Timur,’’ terangnya.

Namun, ia berharap penyaluran PKH tahap 1 tahun 2018 bisa dilakukan serentak dengan tambahan KPM itu, sehingga total penerimanya lebih dari 20 ribu jiwa.

‘’Sebelumnya kita mempunyai sebanyak 8.224 PKM penerima PKH. Jika ditambah dengan 13 ribu lebih, maka lebih dari 20 ribu penerima PKH di tahun ini,’’ pungkasnya.(816)