Dana Pilkades Rp 707,8 Juta

–fto Hamdan Sarbaini SSos–

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Harapan Persatuan Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (PApdesi) Bengkulu Selatan (BS), menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) serentak sebelum pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak tahun ini sepertinya bakal terwujud.

Pasalnya, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) sudah menambah dana untuk pilkades serentak di 74 desa se BS menjadi Rp 707,8 juta.

“Untuk dana Pilkades kita sudah siapkan sebesar Rp 707,87 juta,” kata Kepala DPMD) BS Hamdan Syarbaini SSos pada BE senin (17/2).

Hamdan mengatakan, sebelumnya pada APBD BS 2020 dana Pilkades hanya dianggarkan sebesar Rp 518 juta. Kemudian, DPMD memangkas anggaran lainnya sehingga didapat dana sebesar Rp 707,8 juta. Dana tambahan yang didapat dari memangkas anggaran kegiatan itu sebesar Rp 199 juta.

“Mudah-mudahan dengan dana Rp 707,8 juta ini. Pilkades serentak sudah bisa digelar,” ujarnya.
Untuk pelaksanaan Pilkades, sambung Hamdan, ditargetkan sebelum pilkada digelar. Sebab, pilkada digelar pada 23 September mendatang.

Dengan telah adanya dana Pilkades sebesar Rp 707,8 juta tersebut, dirinya mengaku dalam waktu dekat ini akan mengundang PApdesi dan pemerintahan desa untuk membahas jadwal tahapan Pilkades serentak di 74 desa se BS.

Selain itu, juga pihaknya akan menyampaikan anggaran Pilkades tersebut ke DPRD BS secepatnya.“Kalau Pilkada digelar September, bearti paling lambat Agustus Pilkades sudah digelar, untuk kepastiannya nanti akan kami bahas bersama pemerintahan desa yang akan menggelar pilkades,” demikian Hamdan. (369)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*