Dana Penanganan Sampah Nihil

TAIS, BE- Penanganan sampah di wilayah ibukota Kabupaten Seluma, Tais dipastikan tidak dapat dilakukan dengan serius. Kendala klasik yang menjadi alasan pun muncul, yakni Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) Badan Lingkungan Hidup Kebersihan Pertamanan (BLHKP) Seluma tak mempunyai anggaran untuk penanganan sampah.”Sejak beberapa tahun terakhir persoalan limbah rumah tangga berupa sampah sudah selayaknya ditangani secara intensif,” kata Kepala BLHKP Seluma, Dra Elmawati.

Menurutnya, pihaknya sejauh ini sudah melakukan upaya maksimal menyikapi masalah sampah, tapi lantaran belum adanya dukungan anggaran yang cukup, hingga upaya pihaknya pun diakuinya menjadi tidak maksimal.”Kita membutuhkan dukungan anggaran untuk menangani sampah. Karena sudah kita rasakan sendiri, terdapat tumpukan sampah di sejumlah titik di wilayah Kota Tais, hal itu terjadi karena kita kewalahan,” ungkap Elmawati.

Persoalan kebutuhan anggaran penanganan sampah tersebut, sejak beberapa tahun terakhir sudah rutin dibawa ke pembahasan anggaran hingga tingkat Badan Anggaran (Banggar) DPRD. Hingga tahun ini, belum ada respon dari pihak terkait lainnya untuk mendukung penanganan sampah tersebut dengan pemberian anggaran yang cukup. Dengan potensi dan kendala yang dihadapi, hingga kini pihaknya kerap menangani sampah Kota Tais dengan cara membakar sampah pada tumpukan sampah yang ada.

“Kalau selama ini belum ada anggarannya, mudah-mudahan tahun depan dialokasikan. Walau pun berapapun jumlahnya, yang penting bagi BLHKP itu mencukupi untuk menangani sampah di dalam wilayah Kota Tais ini,” terang Elmawati. (***)