Dana KUBE Segera Dicairkan

CURUP, Bengkulu Ekspress – Dinas Sosial Kabupaten Rejang Lebong akan segera mencairkan dana bantuann Kelompok Usaha Bersama (KUBE). Dana Kube tersebut rencananya akan dicairkan pada awal Oktober 2019 ini.”Untuk pencairan dana Kube rencananya akan segera kita cairkan diawal Oktober ini,” sampai Kepala Dinas Sosial Kabupaten Rejang Lebong, Zulfan Effendi SE MM.

Dijelaskan Zulfan, dana Kube di Kabupaten Rejang Lebong tersebut akan diterima sebanyak 90 Kube. Ke-90 Kube yang akan menerima dana tersebut baik untuk Kube perkotaan maupun Kube pedesaan.Menurut Zulfan, dalam program Kube ini masing-masing kelompok beranggotakan 100 orang, sehingga total masyarakat Rejang Lebong yang akan menerima program Kube sebanyak 900 orang. Mereka yang mendapat program Kube ini adalah mereka yang berasal dari keluarga tidak mampu yang disebut sebagai Keluarga Peneriam Manfaat.

“dari 90 Kube di Rejang Lebong tersebut 40 diantaranya adalah Kube pedesaan dan 50 lagi Kube perkotaan,” tambah Zulfan.

Khusus untuk Kube pedesaan, menurut Zulfan dananya atau pembiayaanya bersumber dari APBN. Sedangkan untuk Kube perkotaan pembiayaannya bersumber dari dana dekontrasi Pemerintah Provinsi Bengkulu. Dalam program tersebut setiap kelompok akan menerima bantuan modal usaha sebesar Rp 20 juta atau satu orangnya akan menerima Rp 2 juta.

Kemudian untuk jenis usaha yang akan dilakukan masing-masing Kube dengan dana yang diberikan tersebut, untuk Kube pedesaan akan membangun usaha sesuai dengan potensi yang ada di masing-masing desa seperti pada sektor peternakan, kerajinan dan lainnya. Sedangkan untuk Kube perkotaan dikhususkan untuk pengembangan sektor perdagangan.

“Jenis usaha yang akan mereka lakukan sesuai dengan proposal yang mereka sampaikan, karena memang dalam proses untuk mendapatkan program Kube ini para penerimanya telah diminta untuk membuat proposal,” papar Zulfan.

Dalam proses pencairan dana Kube tersebut, para kelompok penerima program Kube sudah membuka rekening. Selain untuk para penerima program tersebut sudah menerima pembekalan bbaik dari Kementerian Sosial langsung maupun dari Pemerintah Provinsi Bengkulu.”Kami berharap program Kube ini bisa berjalan sesuai dengan harapan kita sehingga kesejahteraan masyarakat kita bisa meningkat,” demikian Zulfan. (251)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*