Dana kelurahan Tersedia Rp 3,7 M

TAIS, Bengkulu Ekspress – Selangkah lagi, sebanyak 20 kelurahan di Kabupaten Seluma, mendapatkan anggaran untuk pembangunan fisik dan nonfisik. Dana tahap kelurahan untuk tahap awal ini sebesar Rp 3,7 miliar sudah tersedia di rekening daerah. Hanya saja, kelurahan harus terlebih dahulu membentuk Lembaga Pembangunan masyarakat(LPM) terlebih dahulu untuk bisa mencairkan dana kelurahan ini.

“Anggarannya sudah ada tinggal menunggu pembentukan LPM, usulan, serta musyawarah untuk penggunaan anggaran kelurahan ini,” ujar Sekretaris Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Suprapto MSi kepada BE kemarin (2/7).

Secara keseluruhan dana kelurahan yang sudah dialokasikan dalam anggaran APBD murni sebesar Rp 14 miliar. Dengan perhitungan Rp 700 juta untuk masing masing kelurahan. Hanya saja, dalam aturan, ada juga penambahan anggaran sebesar Rp 350 juta untuk masing-masing kelurahan yang anggarannya dari Pemerintah RI sehingga terdapat kekurangan sebesar Rp 7 miliar. Jadi anggaranya bila digabungkan sekitar Rp 21 miliar.

Dengan masing-masing kelurahan merima estimasi anggaran Rp 700 juta. Sedangkan di pertengahan terdapat penambahan masing-masing kelurahan sebesar Rp 350 juta sehingga menjadi Rp 1,05 miliar per kelurahan.“Tahap awal terlebih dahulu dikucurkan kerekening kelurahan dan jelas anggarannya sudah tersedia,” imbuhnya.“Mudah-mudahan anggran sebesar Rp 7 miliar tambahan ini bisa terwujud dari Kementerian Keuangan,” imbuhnya.

Pencairan dana kelurahan tetap sama dengan dana desa (DD) sebanyak tiga tahap pencairan. Dana kelurahan bisa dicairkan apabila sudah menyusun perencanaan pembangunan dan pembentukan LPM. Sehingga tahap kedua dan ketiga tinggal meminta laporan realisasi anggaran untuk mencairkan kembali dana kelurahan tahap ke II dan III kedepannya.

Suprapto menambahkan, jika penyerapan anggaran ini bisa terwujud peningkatan fisik dan nonfisik kelurahan bisa terwujud sebagai wujud pemerataan pembangunan. Setelah tahun sebelumnya hanya desa yang menerima DD. (333)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*