Dana Kelurahan Rp 23,5 Miliar

Belum Ada Kelurahan Yang Mencairkan

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Kota Bengkulu menerima bantuan dana kelurahan Rp 23,5 miliar tahun 2019. Setiap kelurahan mendapatkan bantuan Rp 352 juta dan dana tersebut akan dicairkan dua tahap. Satu tahap pencairan setiap Kelurahan di Kota Bengkulu mendapatkan dana sekitar Rp 150 juta.

“Satu kelurahan Rp 352 juta, kita kan ada 67 Kelurahan, jadi total dana kelurahan Kota Bengkulu Rp 23,5 miliar,” jelas Plh Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Bengkulu, Emi Warni SSos, Kamis (13/6).

Hanya saja sampai bulan Juni 2019 belum ada kelurahan yang mencairkan dana tersebut pada tahap pertama. Padahal anggaran tersebut sudah masuk bulan April 2019 lalu. Jika tahun 2019 ini dana kelurahan tersebut tidak selesai, tahun depan dana kelurahan untuk Pemkot Bengkulu terancam dikurangi. “Tahap pertama ini sampai bulan September, tahap dua mulai bulan Oktober,” imbuh Emi.

Diduga kuat banyak lurah yang takut tersandung hukum sehingga mereka enggan mencairkan dana tersebut. Menanggapi hal tersebut, Emi mengatakan dana kelurahan digunakan untuk pembangunan fisik setiap Kelurahan. Pembangunan fisik tersebut bisa berupa jalan setapak, ruang terbuka hijau sampai drainase.

Jika penggunaan dana tersebut mentaati aturan berlaku tentunya lurah tidak perlu takut. Karena belum ada yang mencairkan dana tersebut, tim TAPD dan juga BPKAD Kota Bengkulu jemput bola ke Kecamatan agar dana kelurahan tersebut cepat selesai.”Karena belum ada yang mencairkan kita jemput bola geser anggaran ke kecamatan. Nanti di Kecamatan lurah buat RKA dan tanda tangan ditempat,” pungkas Emi.(167)