Dana Kelurahan di BS Gagal Disalurkan

Fikri Aljauhary SSTP MSi

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com – Setelah tahun lalu, dana kelurahan gagal disalurkan, tahun ini sepertinya dana kelurahan kembali gagal disalurkan. Pasalnya, hingga saat ini belum ada satupun desa yang mengalurkan dana kelurahan.

“Nampaknya tahun ini penyaluran dana kelurahan gagal,” kata Kabag Pembangunan sekretariat Pemda BS, Fikri Aljauhary SSTP MSi.

Dikatakan Fikri, untuk penyaluran dana kelurahan di 16 kelurahan se BS, sudah dilengkapi. Seperti perbup sudah dibuat, Sk penunjukan bendahara penyaluran sudah dibuat serta persyaratan lainnya sudah dipenuhi. Hanya saja karena ada kendala maka dana kelurahan tidak bisa dicairkan.

“Seharusnya tahap pertama paling lambat 12 Juni dan tahap kedua paling lambat 18 September lalu, namun karena kondisi Covid-19, maka tidak bisa disalurkan,” ujarnya.

Dengan sisa waktu 2 bulan setengah lagi ke depan, Fikri memperkirakan dana kelurahan tidak akan bisa disalurkan. Padahal sambung Fikri dari pusat masing-masing kelurahan mendapatkan kucuran dana hingga Rp 360 juta. Kemudian ditambah dari APBD BS, masing-masing kelurahan mendapatkan kucuran dana sebesar Rp 50 juta. Sehingga total dana yang diterima masing-masing kelurahan tidak kurang dari Rp 410 juta.

“Info dari pusat tahun depan dana kelurahan dihapuskan, sedangkan sudah dua tahun ini kelurahan mendapatkan kucuran dana, namun tak bisa disalurkan,” demikian Fikri. (asri)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*