Dana Kelurahan Cair Juli

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (BPKAD) Kota Bengkulu telah menyiapkan proses pencairan dana kelurahan pada awal bulan Juli mendatang.  Untuk itu, BPKAD meminta agar kebutuhan administrasi masing-masing kelurahan segera disiapkan.

Adapun total dana ini sebesar Rp 23,58 miliar yang dibagi Rp 352 juta per kelurahan se-Kota Bengkulu. “Kalau dananya sudah siap di kas daerah, tinggal proses di masing-masing kelurahan, awal Juli ini sudah harus jalan,” kata Kepala BPKAD Kota Bengkulu, Ir Arif Gunadi, kemarin (23/6).

Sebelumnya, dana kelurahan ini ditargetkan cair pada bulan Mei lalu. Hanya saja pihak kelurahan belum memiliki kesiapan dan SDM yang matang. Sementara saat ini pihak kelurahan sudah berjalan menyusun perencanaan pembangunan fisik sesuai dengan kebutuhan masyarakat.



“Nanti kita bayarkan setengah dulu Rp 176 juta, dan setengahnya lagi akan diproses pada bulan Agustus atau September,” ungkap Arif.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Bengkulu, Marjon MPd mengingatkan bahwa dalam konteks perencanaan yang dilakukan pihak kelurahan harus terdiri dari input, proses, output dan income atau hasil. Sehingga kegiatan yang diusulkan tidak asal-asalan, melainkan sudah matang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat. “Hasil yang didapatkan tergantung dengan kualitas perencanaan yang kita buat,” tambah Marjon.

Sekda juga menekankan kepada pihak lurah dan camat untuk mengindentifikasi kebutuhan prioritas di masing-masing wilayahnya. Selain itu, dana tersebut juga boleh digunakan untuk pemberdayaan masyarakat serta berpengaruh terhadap roda perekonomian masyarakat.  “Lurah dan camat akan kita tekankan untuk terlebih dahulu mengindentifikasi kebutuhannya,” ungkapnya. (805)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*