Dana Hibah Instansi Vertikal Rp 4,9 Milliar

 Deddy Ramdhani SE MSE MA
Deddy Ramdhani SE MSE MA

TAIS, Bengkulu Ekspress – Dalam rangka mendukung kegiatan instansi di luar pemerintahan di Kabupaten Seluma. Tahun 2018 ini Pemkab Seluma sudah menghibahkan dana ke instansi vertikal di daerah tersebut. Untuk total anggaran mencapai Rp 4,9 milliar. Hibah ini diberikan dalam bentuk hibah uang langsung.

“Hibah ini dalam bentuk tunai ke rekening instansi vertikal itu sendiri,”ujar Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Seluma, Deddy Ramdhani SE MSE MA kepada wartawan, kemarin (19/1).

Dirincikan Deddy, anggran hibah untuk instansi vertikal, seperti Polres Seluma sebesar Rp 1.5 Milliar. Kejari Seluma sebesar Rp 500 juta. Kodim 0425/Seluma sebesar Rp 500 juta. Pengadilan pada Pos Bantuan Hukum (Bakum) sebesar Rp 350 juta. Kemudian selain instansi vertikal juga bantuan kepada organisasi kepemudaan. Kemudian bantuan untuk PAUD sebesar Rp 2,2 milliar, termasuk juga hibah dana untuk Pos TNI Angkatan Laut di Desa Pasar Seluma Kecamatan Seluma Selatan.

“Untuk Instansi vertikal yang sudah mendapatkan tahun ini, maka tahun depan jelas tidak bisa menerima secara berturut-turut,”ujarnya.

Namun ditahun 2018 ini, Badan Musyawarah Adat (BMA) tidak mendapatkan hibah. Karena tahun 2017 BMA Seluma sudah menerima hibah dana sebesar Rp 250 juta. Sedangkan sesuai aturan, hibah tidak boleh dilaksanakan dua tahun berturut-turut. Sehingga untuk tahun 2018 ini ditiadakan. Selain itu, Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI) sebesar Rp 250 juta. Hibah kepada PMI sebesar Rp 100 juta. Kemudian Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) sebesar Rp 150 juta. Kemudian ditambah hibah lainnya sebesar Rp 200 juta.

“Hibah lainnya ini digunakan untuk membantu masyarakat yang dalam kedaan darurat, serta jika tidak dibantu bisa berdampak pada ekonomi dan sosialnya. Sehingga dianggarkan khusus,” tegas Kepala BPKD Seluma. (333)