Dana Desa Siap Dikucur

=foto: Satria Pinandita=

Desa Air Pahlawan Tertinggi, Kepala Pasar Terendah

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Kaur menyampaikan, besaran anggaran Dana Desa (DD) tahun 2019 untuk 192 desa di Kabupaten Kaur, jumlahnya mencapai Rp 146,4 miliar lebih.

Dari jumlah dana tersebut, Desa Air Pahlawan Kecamatan Nasal mendapatkan anggaran DD tertinggi yakni Rp 945,2 juta atau lebih besar dibanding 191 desa yang ada di 15 Kecamatan Kabupaten Kaur. Sedangkan desa-desa yang lain hanya menerima sekitar Rp 700 juta atau Rp 800 juta.

“Untuk Perbup DD sudah ditandatangani bupati dan sudah kita terima, dan dari usulan dan kajian kita ada beberapa desa yang mengelola angaran itu dalam jumlah besar, dan yang paling tinggi itu Desa Air Pahlawan,” kata Kepala Dinas PMD Kaur H Asmawi S Ag MH melalui Kabid Bina Pemerintahan Desa dan Kelurahan Satria Pinandita SIP, kemarin (21/1).

Dikatakan Satria, berdasarkan peraturan Bupati Kaur Nomor 119/tahun 2018 tentang cara pembagian dan penetapan rincian dana desa setiap desa Kabupaten Kaur itu, Desa Air Pahlawan mendapatkan anggaran DD sebesar Rp 945.273.000, sedangkan terendah Desa Kepala Pasar Kecamatan Kaur Selatan hanya Rp 706.575.000. Untuk penyaluran DD yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) pusat itu, dikucurkan ke desa melalui tiga tahap, adapun untuk tahap pertama sebesar 20 Persen, tahap dua 20 persen dan tiga 40 persen.



“Untuk DD tahun ini memang ada kenaikan dibandingkan tahun 2018 lalu, dan juga masing-masing desa DD nya di atas Rp 700 juta dan tidak ada yang Rp 600 juta, dan pengunaan DD ini bisa digunakan untuk rehap kantor, bayar guru ngaji dan lainnya,” terangnya.

Ditambahkannya, untuk pembagian ADD dan DD disesuaikan dengan kategori yang sudah ditetapkan pemerintah pusat. Dengan rumus khusus, didapatlah persentase pembagian per desa. Diantara yang faktor yang diperhatikan, jumlah penduduk, jumlah penduduk miskin, luas wilayah dan indeks kesulitan geografis (IKG).

“Besar DD yang diterima setiap desa tidak sama karena berdasarkan jumlah penduduk, luas wilayah serta. Nah Kalau Desa Air Pahlawan ini karena wilayahnya luas dan juga penduduknya masih banyak miskin,” jelasnya. (618)