Dana Desa Bangun Jalan ke Sekolah

uang-dana
foto : ist
Dana Desa Segera Dimanfaatkan Untuk Bangun Jalan

TALANG EMPAT, Bengkulu Ekspress– Sebagai bentuk kepedulian terhadap dunia pendidikan, Pemerintah Desa (Pemdes) Pulau Panggung, Kecamatan Talang Empat, Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) akan membangun jalan menuju Sekolah Dasar (SD). Betapa tidak, selama ini kondisi jalan sepanjang 141 meter menuju sekolah tersebut belum dianggap layak dan memadai.



“Kerusakan jalan menuju SD Negeri di Desa Pulau Panggung menimbulkan keprihatinan bagi kami. Sebab itu, jalan tersebut kami bangun dengan menggunakan melalui suntikan Dana Desa (DD) bantuan pemerintah pusat tahun 2018,” kata Kepala Desa (Kades) Pulau Panggung, Syaiful Anwar.

Dengan menggunakan sistem padat karya, jelas Syaiful, pengerjaan jalan rabat beton dilakukan secara swadaya. Dimana, hanya masyarakat setempat yang diberikan kesempatan untuk menuntaskan pembangunan jalan tersebut.

“Alhamdulillah, saat ini jalan menuju SD sudah lebih baik. Selama ini, kami sangat prihatin melihat kondisi buruk jalan tersebut. Terlebih lagi saat musim penghujan, dimana jalanan akan dipenuhi oleh kubangan dan lumpur,” tandasnya.

Agar infrastruktur jalan bertahan lama, Kades mengimbau, kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga keutuhan jalan yang sudah dibangun. Serta tidak memaksakan kendaraan dengan muatan berat untuk melintas.  “Jalan desa merupakan tanggung jawab bersama,” demikian Kades.(135)