Dana DAK Fokus untuk SD

Foto : IST

CURUP, bengkuluekspress.com – Pemerintah pusat kembali mengucurkan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang pendidikan. Dalam pelaksanaannya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Rejang Lebong akan menggukanan DAK pendidikan untuk Sekolah Dasar (SD).

“Tahun ini DAK pendidikan yang kita terima akan kita fokuskan atau kita laksanakan untuk SD semua,” sampai Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Rejang Lebong, Redho Yusawi MPd saat dikonfirmasi Senin (20/1) kemarin.

Diungkapkan Redho, DAK pendidikan yang diterima Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Rejang Lebong tahun 2019 ini sebesar Rp 7 miliar. Dana tersebut menurutnya akan digunakan dalam sejumlah kegiatan fisik terhadap sejumlah SD di Kabupaten Rejang Lebong mulai dari pembangunan gedung baru, rehab gedung hingga pembangunan sarana sanitas. “Untuk sekolah-sekolah mana saja yang akan mendapat program ini sudah kita data,” paparnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, DAK pendidikan yang mereka teritam tersebut sebenarnya diperuntukan untuk SD dan SMP, hanya saja karena satu rekening kemudian untuk mudahnya dalam proses pengelolaan, sehingga penggunaannya dikhususkan untuk SD saja. Penggunaan khusus untuk SD tersebut, menurut Redho sudah mendapat persetujuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, karena pada proses koordinasi terkait dengan penggunaan DAK tahun 2020 ini, pihaknya telah menyampaikan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudaayaan dan disetujui.

“Berbagai pertimbangan lainnya kita fokuskan DAK 2020 ini ke SD, karena jumlah SD dibandingkan dengan SMP jauh lebih banyak SD, dimana untuk SD negeri saja jumlahnya mencapai 172 sekolah sedangkan SMP negeri hanya 44 sekolah,” paparnya. Selain jumlah sekolah yang lebih banyak, tingkat kerusakan untuk SD juga menurut Redho juga lebih banyak, meskipun SMP juga banyak yang rusak.

Di sisi lain, Redho mengungkapkan dalam proses pembangunan sekolah-sekolah di Kabupaten Rejang Lebong, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Rejang Lebong juga akan menggunakan Dana Alokasi Umum (DAU) sekitar Rp 600 juta. Pembangunan yang dilakukan menggunakan DAU ini nantinya akan digunakan untuk membangun musala dan pagar. Dimana untuk pembangunan musala sebanyak tiga unit dan pembangunan pagar sebanyak satu unit. “Untuk DAU ini kita lakukan pemerataan yaitu kita lakukan baik di SD maupun SMP, seperti pembangunan pagar ini kita lakukan di SMPN di Kecamatan Selupu Rejang,” demikian Redho. (251)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*