Dana BOS Harus Tepat Sasaran

foto: Endy Yurizal

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Seluruh Kepala Sekolah atau bendahara sekolah se-Kabupaten Kaur diminta untuk memanfaatkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) secara tepat guna dan tepat sasaran, terutama menjelang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) kali ini. Dengan demikian hal ini tidak mengundang pengaduan masyarakat tentang penyelewengan-penyelewengan dana BOS.

“Untuk Juknis BOS hendaknya dibaca betul-betul. Sebab salah penggunaannya ini bisa menyebabkan seorang pengguna anggaran tersandung hukum,” kata Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kaur Endy Yurizal SP beberapa hari lalu.

Dikatakannya, sebelumnya juga Dispendik sudah diberikan bimbingan teknis (Bimtek), tentang pemahaman tentang Petunjuk Teknis (Juknis) Dana BOS sesuai dengan Permendikbud. Dalam Permendikbud tersebut sudah jelas baik pengunaan dana BOS maupun yang lainnya. Kedepannya ia berharap para bendahara dapat memahami penggunaan dana BOS sesuai peruntukannya dan penggunaannya agar tidak banyak revisi sehingga tidak melanggar aturan-aturan yang ada.



“Kita ingatkan agar dana BOS yang disalurkan ke sekolah-sekolah benar-benar tidak ada kesalahan dalam penggunaan dana, dan tidak ada tersandung hukum nantinya,” terangnya.

Ditambahkannya, menyinggung terkait dengan PPDB ini dia mengakui BOS bisa dipergunakan untuk kebutuhan PPDB, namun tentunya sesuai dengan mekanismenya, malah Endy meminta sejumlah sekolah tidak memberatkan beban orang tua yang ingin mendapatkan anaknya masuk sekolah. “Pergunakan BOS sebaik baiknya jangan malah tidak tepat sasaran dan orang tua yang ditekan untuk kebutuhan sekolah,” tandasnya.(618)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*