Dana BOK Mukomuko Bakal Dipangkas

ilusterasi

MUKOMUKO,bengkuluekspress.com – Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Mukomuko segera mengundang seluruh kepala Puskesmas (Kapus) di daerah tersebut. Ini dilakukan supaya Kapus cepat mengetahui jika dana Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) akan ada pemangkasan yang diperuntukan penanganan Covid-19.
“Direncanakan minggu ini seluruh Kepala Puskesmas akan kita undang,” ungkap Kadinkes Kabupaten Mukomuko, Desriani.

Ia menyebutkan, BOK yang akan dipangkas, sehingga rencana kegiatan yang masuk dalam program kerja Puskesmas harus dievaluasi kembali. Pemerintah tetap melakukan pemangkasan atau refocusing anggaran untuk kegiatan penanggulangan Covid-19. Dampaknya bisa dipastikan banyak kegiatan gagal dilaksanakan tahun ini. Termasukrencana kegiatan yang akan dilaksanakan seluruh Puskesmas.
“Seluruh program yang akan dilaksanakan Puskesmas akan kita evaluasi. Kita akan minta kepada Puskesmas supaya menjalankan kegiatan yang sifatnya penting – penting saja untuk peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat. Karena informasi yang ia dapatkan, dana Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) untuk 17 Puskesmas yang diplotkan dari DAK non fisik, dipangkas sebanyak 40 persen untuk Covid,” bebernya.

Selain evaluasi rencana kegiatan yang akan dilakukan Puskesmas, Desriani juga akan melakukan evaluasi kepada seluruh tenaga honor di Puskesmas yang tidak efektif atau tidak disiplin dalam bekerja. Misalnya, tenaga honorer yang jarang masuk kerja dan hanya datang pada saat ada kegiatan saja. “Ini juga nantinya akan kita evaluasi,” lanjutnya. (end)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*