Dana Alokasi Khusus Diplot Rp 42 Miliar

ARGA MAKMUR, BE –  Kabupaten Bengkulu Utara (BU) mendapatkan kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp 42 miliar tahun ini. Dana ini diplot (diperuntukkan) untuk pelayanan dasar yang diprioritaskan untuk  pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bengkulu Utara, Drs Kisro Zanito MM menjelaskan pengalokasian yang dilakukan sudah sesuai ketentuan pusat.

  Peruntukannya untuk pemeliharaan  dan peningkatan jalan, rehabilitasi irigasi, peningkatan pelayanan dan pembangunan sistem air minum sederhana di kabupaten dan kawasan kumuh serta pelayanan sanitasi sederhana.

” Serapan dana itu dikucurkan sesuai peruntukan untuk pelayanan dasar yang dibutuhkan masyarakat, ” terang Kisro Zanito.
Ditambahkan Kasubbag Program Bappeda Bengkulu Utara, Dodi Hardinata SSos MSi.

Dana yang terserap saat ini untuk program itu mencapai 10% dari total anggaran. Komposisi pembagian dana DAK 2012, bidang pendidikan mendapatkan 27,39% . Bidang pekerjaan umum  mendapat 26,85% dan bidang kesehatan sebesar 13,41%.

Dana DAK di bidang pekerjaan umum untuk membantu penyelenggaraan infrastruktur di daerah.

Khususnya  yang  menjadi prioritas perbaikan di lima ruas jalan utama yakni Kota Agung – Curup,

Tanjung Agung- Puskesmas, Batu Roto – Kedu Baru, Simpang Ketenong kec. Aur Gading, dan Kemumu –  Dusun Curup.” Sosialisasi petunjuk teknis yang diselenggarakan
dapat memberikan pemahaman yang lebih baik terhadap birokrasi yang mendapatkan kucuran dana tersebut, ” ucap Dodi. (117)

Penerima Anggaran DAK Tahun 2012 Kabupaten Bengkulu Utara:

1.Pendidikan Rp 11 Miliar
2.Kesehatan Rp 5 Miliar
3.Kependudukan dan KB Rp 968 Juta
4.Pekerjaan Umum Rp 11 Miliar
5.Kelautan dan Perikanan Rp 4 Miliar
6.Prasarana Pemerintah Rp 5 Miliar
7.Badan Lingkungan Hidup Rp 1 Miliar
8.Dinas Kehutanan Rp 1 Miliar
9.Keselamatan Transportasi Darat Rp 212 juta