Dalam 6 Jam, 1.357 Hewan Disembelih

CURUP, BE – Sejak pukul 09.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB kemarin, Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Rejang  Lebong setidaknya sudah tercatat sebanyak 1.357 ekor hewan kurban yang sudah disembelih di Kabupaten Rejang Lebong dari 13 kecamatan.

Diantaranya 477 ekor sapi, 7 ekor kerbau dan 863 ekor kambing serta domba. “Jumlah hewan yang di potong mungkin lebih, karena data dari kecamatan Sindang Kelingi dan Sindang Dataran belum masuk,” kata Kepala Disnakan RL Ir Amrul Eby MM kemarin.
Pendataan yang dilakukan Disnakan tersebut, sambung Eby, untuk mengetahui kondisi kesehatan yang layak konsumsi kepada masyarakat serta mengetahui sisa populasi hewan rumaninsia yang menjadi hewan kurban tahun ini. “Untuk pantauan sementara, satgas pemantau pemeriksa hewan kurban belum menemukan ada indikasi penyakit menular (zoonosis) kepada manusia,” kata Eby.

Eby menerangkan, pihaknya masih sangat berharap bantuan penyelenggara pemotongan hewan kurban terus berkoordinasi dengan satgas pemantau pemeriksaan hewan kurban, agar gading hewan kurban yang dikonsumsi masyarakat benar-benar sehat dan layak di konsumsi, karena kebayakan besok
(hari ini) hingga beberapa hari ke depan pemotongan hewan kurban masih akan berlangsung,” tegas Eby.

5 Titik Kurban
Para perayaan Idul Adha 1433 Hijriah tahun ini, keluarga besar Bupati Rejang Lebong (RL) melakukan kurban di lima tempat, diantaranya Kelurahan Kepala Siring Curup Tengah, Kelurahan Kampung Jawa Curup Timur, Desa Baru Manis Bermani Ulu Raya, Kelurahan Cawang Baru Curup Timur dan Desa Suban Ayam Selupu Rejang.
Kabag Administrasi Humas Setdakab RL Nurdi, SE dikonfirmasi membenarkan terkait beberapa lokasi penyembelihan korban yang dilakukan
keluarga Bupati RL tersebut.

“Pemotongan hewan kurban rencananya dilakukan besok (hari ini), mengingat waktu, selanjutnya kurban akan dibagikan
kepada masyarakat,” terang Nurdin.

Sementara itu, pemerintah daerah melalui Sekretariat Daerah juga ikut memberikan hewan kurban untuk masyarakat melalui pengurus Masjid Agung

Baitul Makmur Curup untuk disampaikan kepada masyarakat. “InsyaAllah pemotongan hewan kurban dari sekretariat daerah juga akan dilakukan besok (hari ini),” kata Nurdin.
Pada perayaan Idul Adha kemarin, Sejumla pejabat tampak melaksanakan salat I’d di Masjid Agung Baitul Makmur, tidak terkecuali Bupati RL H Suherman SE MM dan Ketua TP PKK RL Hj Susilawati SE MM. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan open house yang berlangsung di rumah Dinas Bupati RL.

100 Domba
Seperti tahun sebelumnya, pada peringatan Idul Adha 1433 Hijriah tahun ini Yayasan Dompet Dhuafa Jakarta kembali menyalurkan hewan kurban untuk masyarakat di Desa Sumber Bening Kecamatan Selupu Rejang sebanyak 100 ekor domba.  Kegiatan itu dibuka Bupati RL yang diwakilkan kepada Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong Ir Amrul Eby MM.

“Dalam arahannya, bupati berpesan agar masyarakat memaknai hari raya kurban ini secara baik. Pemerintah juga sangat berharap masyarakat juga mau berkorban untuk kepentingan orang banyak.  Seperti misalnya mengorbankan sedikit lahan mereka untuk pembangunan jalan, irigasi, dranase dan pembangunan fasilitas umum lainnya yang digunakan oleh orang banyak,” terangnya. (999)