DAK Distanbunak Sasar 12 Desa

DAK Distanbunak Sasar 12 Desa
DAK Distanbunak Sasar 12 Desa

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan (Distanbunak) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) kembali mendapatkan bantuan dana alokasi khusus (DAK) untuk membangun sarana dan prasarana (sarpras) untuk persawahan.

Kendati suntikan DAK mengalami penurunan cukup signifikan dibandingkan tahun sebelumnya, dari Rp 4,2 miliar menjadi Rp 1,8 miliar. Direncakan pembangunan sarpras akan tetap dilakukan untuk tiga jenis, yakni pembangunan sarana air tanah, pembangunan embung dan pembangunan dam parit.

Rinciannya, pembangunan sarana air tanah di Desa Sri Kuncoro, Siderejo, Air Putih dan Desa Dusun Baru II. Sekanjutnya, pembangunan embung sebanyak 2 (dua) pket di Desa Lagan dan Desa Paku Haji serta pembangunan dam parit di enam desa, yakni Desa Taba Teret, Kelindang, Margo Mulyo, Tanjung Heran, Siderejo dan Desa Taba Lagan.

“Dari total DAK sebesar Rp 2,1 miliar, sebanyak Rp 300 juta akan disalurkan untuk bidang penyuluhan. Sedangkan, sisanya dialokasikan untuk bidang sarana dan prasarana, yakni 12 paket proyek,” kata Kabid Sarana dan Prasarana Distanbunak Kabupaten Benteng, Zainal Abidin SP.

Disampaikan Zainal, pembangunan barulah akan dilakukan setelah adanya sura keputusan (SK) Bupati Benteng mengenai penunjukan pengguna anggaran (PA) dan pejabat teknis pelaksana kegiatan (PPTK).

“Paling cepat, pembangunan barulah akan dilaksanakan pada bulan Maret atau April tahun 2018 ini. Selain itu, perencanaan juga akan dilakukan secara matang.

Terlebih lagi, saat ini jabatan eselon II, yakni Kepala Distanbunak Kabupaten Benteng masih kosong,” tandas Zainal.(135)