Dahlan Tak Berminat Jadi Calon Presiden

Menteri BUMN, Dahlan Iskan menegaskan dirinya tidak memiliki keinginan untuk maju mencalonkan diri pada pemilihan Presiden pada Pemilu 2014 mendatang.  Ia mengaku, saat ini fokusnya adalah melaksanakan pekerjaannya menjadi menteri pembantu presiden saat ini.

Ia mengatakan, secara teori dirinya tidak mungkin menjadi calon presiden karena bukan orang partai dan tidak memiliki partai. “Maju melalui jalur independen juga tidak mungkin karena di Indonesia sulit menang melalui jalur independen,” ujar mantan Dirut PLN ini di Surabaya, Rabu (27/6).

Sebenarnya, ia bisa memilih jalan dengan mengajukan diri melalui partai berdasarkan ketokohan dan nama yang sudah dia miliki.  Namun dia tidak akan lakukan karena memang dirinya tidak berminat menjadi calon presiden.  “Menjadi pemimpin itu adalah jalan dari Tuhan, kita tidak bisa memaksakan,” tambahnya.

Meski pun tidak berminat menjadi calon presiden, bukan berarti dia tidak peduli dengan masalah bangsa saat ini. ‘’Saat ini Indonesia berada di tengah jebakan yang harus dilalui. Jebakan yang dimaksud adalah sistem birokrasi itu sendiri.  Saya berharap para elite politik dan pemegang kekuasan segera merubah sistem birokrasi yang dipakai sekarang.  Jebakan terbesar saat ini adalah birokrasi. Tidak mungkin dengan birokrasi yang ada ini akan menjadi negara maju. Diperlukan banyak pekerja dan pemimpin yang berani membuang jebakan-jebakan itu,”