Dahlan Gagas Waduk Raksasa

JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan, turut menyumbangkan ide agar Jakarta tak selalu apes terkena banjir kiriman yang berasal dari Bogor dan sekitarnya.

Pria yang kerap mengenakan sepatu kets ini mengaku, saat ini pihaknya sedang berdiskusi mengenai kemungkinan dibuat waduk raksasa di daerah Depok, agar air yang berasal dari Bogor bisa ditampung di waduk tersebut.

“Di atas Depok, (waduk) ini kajian mereka (BUMN karya), tapi melaksanakan bagaimana masih dipikirkan. Belum diputuskan,” ujar Dahlan di Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu petang (26/12).

Meski begitu, Dahlan belum bisa pastikan apakah waduk ini nantinya bisa dibangun atau tidak. Pasalnya, BUMN karya yang diminta Dahlan untuk mengantisipasi banjir masih berdiskusi. Dahlan juga meminta waktu dua hari lagi agar gagasan untuk antisipasi banjir ini bisa segera diputuskan.

“Saya belum bisa pastikan, yang jelas perlu waduk yang sangat besar di atas Depok untuk mencegah air di atas yang membanjiri Jakarta,” tegas Dahlan.

Dahlan menyadari, banjir yang terjadi di Jakarta karena tersumbatnya saluran air dan volume air yang melimpah dari Bogor begitu banyak. Sehingga air tersebut meluber ke daratan Jakarta.

Selain itu, sungai-sungai di Jakarta yang berfungsi sebagai tempat saluran air justru semakin menyempit. Yang ironisnya adalah sungai itu juga kerap menjadi tempat pembuangan sampah oleh masyarakat.

“Mereka masih diskusi, saya suruh pilih satu atau dua titik lah agar banjir itu apa yang bisa diperbuat. Tapi memang hari ini belum ada kesimpulan karena betul-betul perlu ada kajian. Tapi perlu dibentuk waduk yang besar di atas sana, sehingga air dari atas bisa ditampung,” harap Dahlan. (chi/jpnn)