Dahlan Disambut Antusias Warga

BENGKULU,BE– Kedatangan Menteri BUMN ke Bengkulu sangat dinanti-nantikan semua kalangan. Tidak hanya kalangan pejabat Pemerintah Provinsi dan BUMN, tetapi juga mamsyarakat umum yang ingin bertemu langsung dengan Menteri yang selama diidolakannya. Sejumlah siswa sekolah juga sangat antusias untuk mengikuti jalan sehat dan senam Dahlan Style bersama Dahlan Iskan, yang dielu-elukan masyarakat Indonesia menjadi presiden itu. “Kedatangan Pak Dahlan akan membawa motivasi, semangat kerja dan inovasi,” kata Asisten III Setda Pemprov Drs H Herry Syahrial MM, kemarin.
Dia mengatakan memperbolehkan masyarakat untuk datang mengikuti jalan sehat dan Senam Demi Indonesia (DI) Style bersama Dahlan Iskan, mengingat kegiatan tersebut untuk semua kalangan. Bahkan, sudah disediakan hadiah dari BUMN yang ada di Bengkulu dan pihak-pihak terkait lainnya.
“Masyarakat kita imbau untuk ikut jalan sehat dan senam bersama Menteri. Tidak ada batasan,” katanya.
Sebagai sosok menteri yang selalu dekat dengan semua kalangan, kedatangan menteri BUMN juga bertujuan dalam rangka mempererat hubungan silaturrahmi dengan semua kalangan. Sekaligus memberikan motivasi dan semangat kerja kepada masyarakat secara luas dan juga dalam rangka memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat, serta menciptakan suasana kondusif di tengah-tengah masyarakat.
Jadwal kegiatan Menteri BUMN dalam kunjungannya ke Bengkulu yaitu meninjau dan melihat Kondisi Bandara Fatmawati serta melakukan kunjungan ke pelabuhan Pulau Baai Bengkulu, malam harinya di lanjutkan dengan Ramah Tamah bersama Pejabat BUMN dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu, “pada pagi (Minggu/5/5) harinya akan diadakan senam DI style yang dilaksanakan di Sport Center Pantai Panjang Bengkulu,” tegas Herry.
Sementara itu, kedatangan Dahlan Iskan juga disambut antusias oleh masyarakat yang menginginkan Menteri BUMN tersebut menjadi presiden. Salah satunya Muhamad Sanusi, akan membentangkan sepanduk kepada dukungan kepada Dahlan Iskan menjadi Presiden. “Saya sangat mengidolakan Bapak Dahlan, menteri yang merakyat itu agar jadi Presiden. Nanti, kalau diperkenankan saya akan menyampaikan aspirasi, agar Bapak Dahlan maju menjadi calon Presiden,” ujar Sanusi.

//Batal Resmikan PLTA

Sementara itu Menteri BUMN Dahlan Iskan batal meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Danau Tes, Lebong. Hal ini karena kunjungannya ke Bengkulu dipercepat dan waktunya sangat sempit. Peresmian tersebut awalnya dijadwalkan bulan 14 Mei nanti. “Pak Dahlan tidak jadi ke PLTA, tapi keberadaan PLTA tetap akan dilakukan ekspos di hadapan Pak Dahlan,” ujar  Manajer PT PLN Cabang Hadi Saputra, usai rapat koordinasi penyambutan Dahlan Iskan, di Pemprov.
Menurut Hadi, PLTA yang berada di Danau Tes, Lebong itu
selama ini dikelola oleh  PT Mega Power Mandiri (MPM). Meski dikelola swasta, PLN akan membeli daya dari PLTA tersebut, sebesar 13 mega watt untuk menambah kebutuhan energi listrik Lebong dan Bengkulu Utara. ” Daya yang dihasilkan PLTA mampu memenuhi kebutuhan listrik Lebong dan Bengkulu Utara,” ujarnya.
Selama ini, Bengkulu Utara mendapatkan daya listrik dari
dipasok  dari gardu induk (GI) Kota Bengkulu. Setelah PLTA di Danau Tes beroperasi, daya dari GI Kota Bengkulu akan digunakan untuk memenuhi kota Bengkulu dan sekitarnya.
Sedangkan keberadaan PLTA Musi di Kabupaten Kepahiang, pihak PLN saat ini sedang proses pembebasan lahan untuk pembangunan menara guna memasang jaringan interkoneksi.
PLN membutuhkan 190 menara untuk mewujudkan jaringan interkoneksi PLTA Musi dengan daya 120 MW ke Bengkulu, pembebasan lahan sudah selesai untuk membangun 50 menara. “Pembebasan lahan tersebut terkendala kawasan Hutan Lindung Bukit Daun di perbatasan Kabupaten Kepahiang dan Kabupaten Bengkulu Tengah,” katanya.
Menurut hadi, kebutuhan tambahan daya listrik sebesar 60 mega watt (MW) untuk memenuhi seluruh kebutuhan penerangan di daerah itu. Ketersediaan daya di pembangkit cukup melimpah, seperti PLTA Musi yang memiliki daya 210 MW. “Namun daya tersebut tidak bisa diserap karena jaringan interkoneksi belum terpasang,” katanya.(100)