Daging Tembus Rp 200 Ribu

daging_ilustrasiLEBONG UTARA,Bengkulu Ekspress – Menyambut bulan suci Ramadhan 1437 Hijriah di Kabupaten Lebong, harga daging sapi meningkat drastis dibandingkan hari biasa. Bahkan di Pasar Terminal Muara Aman, harga daging pada Minggu (5/6) kemarin mencapai Rp 180 ribu hingga Rp 200 ribu per kilogramnya.

Salah seorang pembeli, Fera (25) mengatakan, meskipun harga daging mencapai Rp 180 ribu/kg namun daging sapi sulit didapat karena stok daging dipegadang-pedagang sudah habis sekitar pukul 10.00 WIB.

“Luar biasa harga daging saat ini mencapai Rp 180 ribu/kg, ini saja saya rebutan dengan pembeli lainnya karena stok daging di Pasar Terminal Muara Aman sudah habis,” aku Fera.

Selain itu, harga daging di pasar Muara Aman lebih fantastis dengan harga mencapai Rp 200 ribu/kg. Meskipun harga meningkat hingga 75 persen, warga tetap saja berebut untuk mendapatkan daging tersebut.

Hal tersebut untuk menyambut blan suci Ramadhan yang sudah menjadi tradisi masyarakat memasak daging untuk menyambut bulan puasa.

“Mau tidak mau dibeli meski harganya Rp 200 ribu, besok kan sudah masuk puasa. Ya memang tradisi kita setiap tahun menyambut bulan puasa selalu membeli daging untuk dimasak rendang,” kata Nita (43), salah seorang pembeli saat ditemui di Pasar Muara Aman kemarin.

Di bagian lain, salah seorang penjual daging sapi di Pasar Terminal, Wan mengatakan, antusias masyarakat dalam membeli daging tahun 2016 ini sangat luar biasa. Bahkan dirinya telah memotong 4 ekor sapi untuk dijual pada Minggu (5/6) kemarin, namun stok tersebut masih tetap kurang.

“Siang tadi (kemarin,red) saya motong 1 ekor sapi lagi, dan tidak sampai satu jam daging sudah habis. Peningkatan pembeli ini terjadi mungkin karena masyarakat memasuki masa panen,” ungkapnya.

Berdasarkan pantauan BE di Pasar Terminal Muara Aman, ada sekitar 25 pedagang daging yang berjualan pada Minggu (5/6) kemarin, namum stok daging tersebut sudah habis sekitar pukul 09.00 WIB.

“Warga sudah dari jal 6 pagi ke pasar untuk membeli daging, sekitar jam 9 pagi tadi stok daging pada pedagang sudah mulai habis,” kata Ramle, pengelola Pasar Terminal.(777)