Daftar Tes CPNS Online

cpnsUnggah Dokumen di Portal  http://sscn.bkn.go.id.

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Ini informasi penting untuk pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Provinsi Bengkulu. Pendaftaran dipastikan dilakukan secara onlione. Pelamar wajib memenuhi semua syarat yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Jika syarat itu nanti tidak dipenuhi, maka dipastikan calon pelamar langsung digugurkan. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu, Ir Diah Irianti MSi melalui Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi Kepegawaian (PPIK), Dei Natali Handy mengatakan, syarat-syarat yang dibutuhkan seperti ijazah yang telah lulus sarjana, nomor induk kependudukan (NIK) di kartu tanda penduduk (KTP) dan nomor Kartu Keluarga (KK).

“Beberapa syarat itu harus lengkap ketika mulai pendaftaran nanti,” terang Dei kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (12/9/2018).

Semua syarat tersebut wajib diunggah di situs resmi pemerintah melalui portal http://sscn.bkn.go.id. Portal pendaftaran itu akan dibuka pada tanggal 19 September mendatang. (lihat alur pendaftaran) “Nanti bisa dilihat diportal resminya. Silahkan ikuti alur pendaftarannya,” ungkapnya.

Dei mengatakan, untuk calon pendaftar, juga tidak dibatasi dari luar Provinsi. Semua orang bisa ikut mendaftar dengan dibuktikan memiliki KTP dengan syarat-syarat yang telah diatur. Untuk lulusan serjana minimal bisa mendaftar DIII dan umur maksimal 35 tahun.

“Kalau KTP itu tidak harus dari Bengkulu saja, tapi dari luar Bengkulu juga bisa. Karena tidak mengatur untuk pembatasan. Tapi kita berharap, banyak putra/putri daerah yang ikut,” terang Dei.

Seperti diketahui, dalam kouta CPNS itu, pemprov kebagian merekrut 317 orang CPNS. Terbagi, 201 orang guru, 55 orang tenaga kesehatan dan 61 orang teknis. Dari kuota itu, lulusan SMA/SMK sederajat tidak memili ruang untuk mendaftar.

Sebab, hanya diperbolehkan bagi CPNS lulusan minimal D3. Untuk formasi guru, sampai saat ini, BKD belum mendapatkan petunjuk dari KemenPAN-RB.

Namun demikian, dari hasil koordinasi awal, semua guru mata pelajatan direkrut. Namun tetap harus sesuai dengan jurusan. Ketika daftar menjadi guru Bahasa Inggris, maka harus lulusan Serjana Bahasa Ingris.”Ya kalau jabatan itu harus sesuai dengan jurusan. Semua guru itu direkrut, tapi jumlahnya masih kita minta dengan Kementerian,” paparnya.

alur pendaftaranUntuk honorer, Dei menegaskan, tahun ini tidak dibuka pengangkatan CPNS untuk honorer. Para honorer bisa menjadi CPNS dengan cara mengikuti perekrutan CPNS secara umum. Seperti dikatahui, honorer pemprov ada sebanyak 1.910 orang.

Namun untuk honorer K2, diberikan kesempatan dengan formasi khusus yang ada di kabupaten/kota. Namun tetap syaratnya harus pernah diangkat jadi honorer K1 dari sejak tahun 2005. Kemudian diangkat lagi menjadi honorer K2 hingga saat ini. “Syarat K1 ini penting dan belum pernah diberhentikan sejak tahun 2005 sampai sakarang,” jelas Dei.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu, Nopian Andusti SE MT mengatakan, secara teknis pemprov sudah siap menggelar tes CPNS secara CAT. Sebab, Bengkulu sendiri sudah dibangun gedung BKN. Nantinya proses tes CAT itu dilakukan disitu.



Jika kurang alat tes seperti komputer, maka pemprov bisa berkoordinasi dengan perguruan tinggi. “Sebelum ada gedung BKN, kita pernah bekerjasama dengan Universitas. Belum lagi nanti ada tambahaan komputer baru di gedung BKN. Kita yakin cukup untuk fasilitas tes nanti,” ujar Nopian.

Nopian juga memastikan, tidak ada satu orang pun yang bisa mempengaruhi nilai CAT saat tes nanti. Sebab, hasil tes itu akan keluar secara otomatis ketika calon pelamar mengerjakan soalnya melalui komputer. “Tidak ada yang bisa jamin bisa lolos tes CPNS, apalagi saya. Semua sudah online, jadi lulusnya atau tidaknya itu hanya diperibadi masing-masing dan keputusaan tuhan. Jadi jangan percaya dengan siapapun,” tandasnya. (151)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*