Daftar Segera Program, Ausbildung ke Jerman

FOTO: Jauhari, SH

Sekolah sambil Kerja Gratis

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Bengkulu membuka Program Ausbildung Ke Jerman. Pembukaan pendaftaran program ini dimulai tahun 2019 25 April 2019 sampai 2 Mei 2019. Program Ausbildung ini adalah kuliah sambil bekerja di Jerman gratis, seperti tempat tinggal, makan, dan Transportasi.

“Ini merupakan pendidikan keterampilan Strata diploma D3, akan ditempatkan sesuai dengan keterampilan masing-masing,” Kata Kepala Dinas Disnakertrans Provinsi Bengkulu melalui Kabid Lattas disnakertrans Provinsi Bengkulu Jauhari, SH, kemarin (22/4).

Ausbildung adalah sebuah program keterampilan sekolah sambil bekerja di Jerman. Ausbildung bisa diartikan lebih tepatnya, pendidikan diploma D3 setara pendidikan politeknik, di mana mahasiswa dilatih bekerja, diberi ilmu tentang pekerjaan tersebut dan enaknya lagi mereka diberi banyak tunjangan serta dapat gaji seperti karyawan tiap bulan. Pekerjaan yang ditawarkan untuk program ini banyak sekali diantaranya Otomotif, Elektonika, Perhotelan, Restaurant, Chef atau koki, Rumah sakit atau perawat, Care giver, Administrasi perkantoran, dan banyak lagi.

“Lulusan program ini akan mempunyai kemampuan standar Eropa. Semua kebutuhan hidup akan dibiayai pihak Jerman. Kegiatannya 2 hari kuliah, 3 hari praktek pemagangan dan 2 hari libur,” Ucap Jauhari.

Masih dikatakan Jauhari setelah calon peserta dinyatakan lulus proses seleksi, maka calon akan mengikuti Pendidikan Bahasa Jerman selama 8 bulan yang dibiayai oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui OPD Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Bengkulu. “Setelah seluruh proses dilakukan, kini peserta resmi menjadi seorang Azubi yang melaksanakan kegiatan kuliah sambil bekerja dalam program Ausbildung di Jerman,” jelasnya.



Untuk diketahui Azubi akan memperoleh uang saku selama kuliah, diantaranya : 400€ (Rp 6.500.000,-) per bulan Tahun ke 1, 500€ (Rp. 8.400.000,-) Per bulan Tahun ke 2, 600€ (Rp. 9.600.000,-) per bulan Tahun ke 3.
Setelah selesai kuliah 3 tahun, disodori kontrak kerja 2 Tahun dengan Gaji 3.000€ (Rp. 48.000.000,-) per bulan Bruto. Bisa melanjutkan tingkat pendidikan ke S1 atau S2 di Jerman. Bisa berkarir di Eropa dan Uni Eropa. “Apa saja syaratnya? Untuk Persyaratan bisa baca pengumuman di Harian Bengkulu Ekspress setiap Hari.

Setelah mengisi formulir pendaftaran, berkas dikirim melalui email disnakertrans.provbkl@gmail.com. Formulir bisa diambil di Bidang Pelatihan dan Produktivitas Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Bengkulu,” tutur Kabid Lattas disnakertrans Provinsi Bengkulu Jauhari, SH. Masih disampaikan Jauhari, tidak perlu khawatir lagi mau tinggal dimana, karena sudah diberi fasilitas dari perusahaan.

Untuk makan dan minum juga tidak perlu khawatir, karena sudah disediakan oleh perusahaan. Untuk yang Muslim, perusahaan juga mengerti dan akan menyediakan makanan dan minuman yang halal. Selain itu juga mendapatkan asuransi kesehatan selama 3 tahun. Keuntungan yang lainnya dari segi bahasa, kamu bisa meningkatkan skill bahasa Jerman.

Karena berada di Jerman dan menggunakan bahasa Jerman dalam bekerja dan sekolah, maka otomatis skill Bahas Jerman kamu akan terasah dan meningkat. Untuk seleksi akan dilaksanakan pada tanggal 4 Mei 2019, bertempat di Disnakertrans Provinsi Bengkulu. Tes yang diikuti yaitu tes Psikologi, Tes Bahasa Asing dan wawancara dan akan di Tes langsung oleh orang-orang yang kompeten dibidangnya,” Ungkapnya. (Cik8).