Daftar Haji Sekarang, Berangkat 2029

Bengkulu
Kepala Kemenag Kabupaten Lebong Drs H Tasri MA

TUBEI,Bengkulu Ekspress – Rencana penambahan kuota haji dari Pemerintah Arab Saudi untuk Indonesia tentunya berdampak pada penambahan jumlah kuota calon jemaah haji (CJH) Kabupaten Lebong. Pada 2017 ini rencananya kuota CJH Lebong bertambah menjadi 91 CJH. Dengan penambahan kuota ini, bila warga mendaftar haji sekarang, maka berangkat hajinya sekitar 2029.

”Pada 2016 jumlah kuota calon jamaah haji Kabupaten Lebong mengalami penambahan 10 persen dari kuota sebelumnya. Dengan jumlah 73 CJH bertambah menjadi 78 CJH. Pada 2017 ini rencananya penambahan kuota dikembalikan seperti semula atau sebanyak 91 CJH,” ujar Kepala Kemenag Kabupaten Lebong Drs H Tasri MA kepada BE kemarin (20/1).

Jumlah waiting list calon jemaah haji untuk Kabupaten Lebong sudah mencapai 1.049 orang. Dengan jumlah tersebut, jika kuota hanya 73 orang, maka daftar sekarang baru bisa berangkat sekitar 15 tahun yang akan datang atau tahun 2032 mendatang. Tapi jika kuota haji bertambah atau kembali seperti tahun 2012 lalu yang mencapai 91 orang, maka daftar tunggu berkurang menjadi 12 tahun. Bila mendaftar sekarang bisa berangkat haji paling lambat 2029.

”Memang belum ada pemberitahuan atau surat resmi dari Kementerian Agama RI. Namun begitu kabar yang sudah beredar di media massa maupun media elektronik sudah cukup membuat masyarakat sedikit berharap,” kata Tasri.

Diungkapkan Tasri, jika adanya penambahan maka tetap diambil sesuai urutan atau waitinglist yang ada. Data yang ada tidak bisa dimanipulasi, karena sudah teregister secara nasional dan online di Bidang Haji dan Umrah Kemenag RI.

“Peserta yang ternyata sudah pernah berhaji sebelumnya diberlakukan aturan sesuai petunjuk Kemenag RI. Bagi mereka yang sudah pernah berhaji diharuskan menunggu atau ditunda keberangkatannya hingga 10 tahun,” ungkap Tasri. (777)