Cut Tary Digugat Cerai

JAKARTA – Cut Tary, 36, digugat cerai. Suaminya, Johannes Yusuf Soebrata, sudah mendaftarkan gugatan ke Pengadilan Agama Jakarta Timur pada 18 Desember lalu dengan nomor perkara 3451/Pdt.G/2013/PA.JT. Mereka bakal menjalani sidang perdana pada 22 Januari mendatang.

Kabar itu cukup mengejutkan. Meski, sebetulnya isu keretakan sudah sering menghampiri pasangan tersebut.

Tary menikah dengan Yusuf pada 9 Januari 2004. Tiga tahun kemudian, mereka dikaruniai seorang putri bernama Sidney Azkassyah Yusuf. Seharusnya 9 Januari nanti mereka merayakan ulang tahun perkawinan yang ke-10. Tapi, ternyata pada usia satu dekade pernikahan itu, keduanya tidak mampu lagi mempertahankan bahtera rumah tangga.

Kabar ketidakharmonisan sering menghampiri Tary dan Yusuf. Dua tahun setelah menikah, ramai diberitakan Yusuf memergoki istrinya sedang berada di rumah seorang sutradara yang diduga menjadi selingkuhannya. Namun, berita itu kemudian dibantah keduanya. Mereka malah tampil berdua di depan media. Sama-sama membantah berita tersebut.

Hantaman terbesar perkawinan Tary dan Yusuf adalah ketika video asusila Tary dan Ariel NOAH beredar. Banyak yang mengira Yusuf akan menceraikan Tary. Sebab, dari video tersebut, semua orang tahu bahwa Tary berhubungan dengan laki-laki yang bukan suaminya.

Namun, yang terjadi sebaliknya. Yusuf justru selalu berada di samping istrinya. Dia mendukung Tary menghadapi permasalahan itu. Mendampingi saat Tary mengungkapkan permintaan maaf kepada publik pada 8 Juli 2010. Menemani setiap Tary diperiksa penyidik.

Menurut pengacara Hotman Paris Hutapea yang kala itu menjadi kuasa hukum dalam kasus tersebut, Yusuf berjuang keras agar istrinya tidak terjerat hukum. ’’Saya melihat istri saya sebagai sesama makhluk Allah. Saya diberi hak untuk mendampingi dan melindunginya dari segala kezaliman. Itulah yang saya pelajari setelah jadi mualaf,’’ ungkap Yusuf saat itu yang membuat Tary terisak.

Yusuf tidak mau munafik. Siapa pun pernah berbuat salah. Begitu juga istrinya. Kala itu, dia bahkan menegaskan tidak punya niat menceraikan istrinya. ’’Sama sekali tidak ada arah ke sana. Jangan diarahkan ke sana. Sudah cukup berat apa yang dialami istri saya,’’ lanjut dia.

Meski begitu, gosip miring tidak lantas berhenti. Setelah kasus tersebut mereda dan Tary mulai aktif lagi di dunia hiburan, kabar adanya masalah rumah tangga tetap mencuat. Sebab, Tary sering tampil sendiri dalam acara-acara publik tanpa didampingi suami.

Namun, setiap ditanya soal itu, bintang sinetron Aku Bukan Anak Haram tersebut menegaskan bahwa rumah tangganya baik-baik saja. Sayang sekali, kenyataannya kini berbeda. Setelah melalui 10 tahun suka dan duka, mereka akan bercerai.

Keluarga besar Tary ketika dihubungi kemarin menyatakan sudah mengetahui kabar tersebut. ’’Iya, sudah,’’ kata kakak Tary, Cindy. Hanya, mereka tidak ingin terlalu jauh mengomentari. Mereka menyerahkan semua kepada Tary dan Yusuf. ’’Biar Tary saja yang ngomong,’’ ujarnya. (jan/c5/ayi)