Customer Service Excellence Award

toyotaToyota Astra Motor Sebagai Salah Satu Distributor Terbaik Di Dunia Dalam Hal Customer Service

Nusa Dua, Bali – Di tengah perlambatan ekonomi dan stagnannya pasar otomotif nasional, ternyata tidak menyurutkan Toyota Indonesia untuk selalu memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan setianya.

Berkat upaya itulah, Toyota Motor Corporation selaku principal, memberikan penghargaan khusus bernama Customer Service Excellence Award (CSEA) kepada PT Toyota Astra Motor sebagai salah satu distributor terbaik di dunia dalam hal customer service.

CSEA merupakan penghargaan yang diberikan kepada distributor Toyota yang telah mencapai hasil optimal dalam meningkatkan kompetensi customer service secara keseluruhan. TAM sendiri mendapatkan Outstanding CSEA yang dinilai dari berbagai aspek yang dikelompokkan dalam beberapa kategori.

Penghargaan khusus ini diserahkan secara langsung oleh General Manager of Overseas Service Division, Toyota Motor Corporation, Yoshiro Nobe, kepada Presiden Direktur TAM, Hiroyuki Fukui, dan Wakil Presiden Direktur TAM, Suparno Djasmin, berbarengan dengan acara 2015 Aftersales Service Convention, yang digelar di Nusa Dua, Bali, hari ini.

“Toyota Astra Motor telah sukses mendapatkan Outstanding Customer Service Award yang merupakan penghargaan khusus yang diberikan kepada distributor yang berhasil menorehkan keberhasilan dalam aktivitas-aktivitas pelayanan untuk pelanggan sepanjang 2014,” ujar Nobe, dalam kata sambutannya.

TAM, katanya, dianugerahi penghargaan tersebut karena telah berhasil mencatatkan kinerja penjualan yang baik dengan menguasai pangsa pasar 32,5%. Selain itu, pada layanan purna jual, TAM juga membukukan hasil yang baik.

Hal itu terlihat dari peningkatan penjualan suku cadang sepanjang 2014 yang mampu membukukan pertumbuhan 17% dibandingkan dengan pencapaian pada 2013. Sementara itu, di area kepuasan pelanggan, TAM berhasil meraih kembali posisi pertama Indonesia Customer Satisfaction Index (CSI) Study 2014.

CSI Study 2014 yang digelar oleh  lembaga jasa konsultasi marketing berskala global, J.D. Power Asia Pacific, mengukuhkan Toyota sebagai perusahaan otomotif roda empat di Indonesia dengan pelayanan purna jual terbaik kepada para pelanggan.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Presiden Direktur TAM, Suparno Djasmin, menyebutkan bahwa apa yang sudah diraih Toyota selama ini adalah berkat kerja keras dan team work dari semua pihak di Toyota.

Oleh karenanya, kata Suparno Djasmin, berbagai aktivitas Kaizen (countinous improvement), akan terus dilakukan untuk menjawab tantangan, serta demi memberikan peningkatan dan perbaikan layanan kepada para pelanggan.

Menurut dia, salah satu tantangan besar yang dihadapi Toyota di masa depan, yaitu meningkatnya ekspektasi pelanggan. Sehingga, area purna jual mendapatkan tantangan untuk memberikan layanan servis terbaik.

“Guna menghadapi tantangan itu, Toyota selalu berpegang pada prinsip The Best Total Customer Ownership Experience. Pelayanan purna jual yang prima akan menjadi kunci bagi kesuksesan Toyota Indonesia yang berkelanjutan di masa depan,” tuturnya.

Toyota Astra Motor menggalang konsolidasi internal dengan menggelar Aftersales Service Convention (ASC) pada 12 Maret 2015 dan Dealer Convention (DC) pada 13 Maret 2015 yang diselenggarakan di Nusa Dua, Bali.

ASC merupakan ajang tahunan yang bertujuan untuk memberikan arahan dan apresiasi kepada para ujung tombak layanan purna jual Toyota, seperti Kepala Bengkel, Kepala Parts, dan Kepala Sub Depot seluruh Indonesia.

ASC tahun ini mengangkat tema Rise to Higher Levels dihadiri oleh seluruh top management dari 5 main dealer Toyota (Auto2000, Agung Toyota, New Ratna Motor, Hasjrat Abadi, dan Hadji Kalla), dan frontliner after sales Toyota.

Sementara itu, DC merupakan acara gathering tahunan Cabang Outlet Toyota dan Main Dealer Toyota seluruh Indonesia, beserta jajaran management Toyota Astra Motor, Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Toyota Motor Corporation, dan Toyota Motor Asia Pacific.

Agenda DC berisi pemberian apresiasi sehubungan dengan pencapaian Outlet, Main Dealer, Area Main Dealer/Dealer, terhadap prestasi penjualan maupun performance selama kurun waktu satu tahun, serta pemberian arahan mengenai strategi tahun selanjutnya untuk mencapai target yang telah ditentukan (Release Toyota Astra)