Curi Burung, 4 Pemuda Diamankan

Budhi//Bengkulu Ekspress Empat remaja yang terlibat kasus pencurian burung saat diamankan dan dilakukan pemeriksaan oleh penyidik Mapolsek Selebar.

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Anggota Satuan Reserse Kriminal (Reskrim) Polsek Selebar, berhasil mengamankan 4 pemuda berinisial VA (15), BY (17), JF (20) dan AN (17). Keempatnya berhasil diamankan Minggu malam (30/6). Karena diduga terlibat kasus pencurian seekor Burung Murai Batu senilai Rp 5 juta.

Berdasarkan data terhimpun Bengkulu Ekspress, keempat terdugapelaku tersebut dalam menjalankan aksinya yakni terlebih dahulu memantau lokasi rumah yang sudah menjadi tergetnya. Setelah dilihat kondisi tersebut aman, barulah dua dari empat terduga pelaku ini yakni JF dan BY mengmbil burung beserta sangkarnya tersebut. Dengan cara memanjat pipa saluran air yang ada di rumah korban di Kecamatan Selebar Kota Bengkulu.

Setelah berhasil mengambil burung tersebut, oleh dua terduga pelaku lainnya, yakni VA dan AN menunggu dibawah dan langsung membawa kabur burung tersebut, lalu menyimpannya di kosan mereka. Sekitar seminggu kemudian, burung tersebut dijual dengan harga Rp 1 juta.

Kapolsek Selebar AKP Margopo SH SIK saat ditemui awak media mengatakan, sebenarnya aksi pencurian tersebut telah terjadi 2 minggu lalu. Berkat laporan korban dan berkat tertangkapnya salah satu pelaku yang diduga terlibat dalam kasus dugaan pencurian. Akhirnya polisi berhasil mengungkap dan mengembangkan pelaku yang ditangkap ternyata terlibat kasus pencurian lainnya juga.

“Pengungkapan berawal dari tertangkap satu pelaku berinisial VA yang diduga terlibat kasus percobaan pencurian. Setelah diamankan dan dilakukan pemeriksaan. Terungkap jika pelaku ini terlibat kasus pencurian burung bersama tiga rekannya,” jelas Kapolsek, kemarin (1/7).

Kapolsek mengatakan, saat diamankan pun, barang bukti burung murai tersebut sudah dijual terduga pelaku dan uangnya digunakan untuk membeli minuman keras (miras).”Kita masih melakukan pemeriksaan dan pendalaman terhadap para pelaku ini, karena dugaan kuat kita pelaku terlibat kasus lainnya,” jelas Kapolsek.

Salah Seorang Terduga Pelaku JF mengatakan, mereka nekat mencuri Burung Murai Batu tersebut, karena mau beli minuman keras sehingga timbulah ide mencuri tersebut. “Kalau mencuri burung baru kali inilah, Pak, memang rencananya uang hasil penjualan burung itu mau dipakai buat beli miras pak,” tutupnya kepada Bengkulu Ekspress. (529)