Cuaca Tak Menentu, Nelayan Kaur Diminta Utamakan Keselamatan

 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kaur Ujang Syafiri SPd

BINTUHAN,BE – Cuaca diperairan selat sunda khususnya di laut Kaur masih tak menentu. Untuk itu, para nelayan Kaur diminta lebih mengutamakan keselamatan saat melaut. Nelayan yang berangkat melaut diharapkan melengkapi perahunya dengan fasilitas pendukung keselamatan seperti baju pelampung.

“Kita minta kepada nelayan atau masyarakat yang beraktifitas di laut, agar lebih waspada. Karena, kini kondisi gelombang laut masih tinggi dan sangat berbahaya untuk nelayan,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kaur Ujang Syafiri SPd, Sabtu (10/10).

Dikatakan Ujang, berdasarkan data dari BMKG cuaca buruk berupa tinggi gelombang di Samudra Hindia Barat Provinsi Bengkulu, berkisar dua meter hingga tiga meter. Dengan kondisi gelombang laut seperti ini masyarakat dan kapal atau perahu agar selalu waspada dan siaga.

“Selain itu untuk masyarakat pesisir agar menghindari aktivitas di sekitar pantai, karena potensi gelombang pasang dapat terjadi dan kita perlu waspada,” imbaunya.

Ditambahkannya, potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang. Kondisi seperti diatas diperkirakan terus terjadi hingga beberapa hari kedepan. Oleh karena itu pihaknya selalu mengimbau agar para nelayan di wilayah Kaur agar dapat waspada terhadap kondisi seperti sekarang ini.

“Kami tidak bisa melarang nelayan melaut karena itu hak mereka, tetapi kami sudah sampaikan peringatan terkait gelombang di perairan laut daerah ini. Himbauan ini kita sampaikan karena beberapa hari lalu nelayan di Pantai Hili nyaris tengelam karena cuaca buruk,” tandasnya. (618)

 

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*