Cuaca Pengaruhi Partisipasi Pemilih di Rejang Lebong

IST/BE
Ketua KPU Rejang Lebong saat memberikan hak suaranya dalam Pilkada serentak 2020 di Kabupaten Rejang Lebong Rabu (9/12)

CURUP, bengkuluekspress.com– Hujan yang mengguyur Kabupaten Rejang Lebong sejak Rabu (9/12) pagi berdampak pada partisipasi pemilih dalam Pilkada serentak 2020. Karena hujan yang tak kunjung reda, khususnya dibeberapa daerah di Rejang Lebong membuat pemilih tak bisa datang ke TPS.
“Kita akui cuaca yaitu hujan yang turun dari pagi mempengaruhi partisipasi pemilih dalam Pilkada serentak 2020 di Rejang Lebong,” ungkap Ketua KPU Rejang Lebong, Drs Restu S Wibowo saat dikonfirmasi, Rabu (9/12).

Bahkan menurut Restu, dari pemantauan yang ia lakukan dibeberapa kecamatan, memang sebagian pemilih yang berhalangan hadir karena hujan yang tak kunjung reda. Ada sebagian juga yang hadir namun tidak bisa memberikan hak suara mereka karena datang sudah melewati batas akhir pencoblosan yaitu pada pukul 13.00 WIB.
“Ada beberap pemilih yang datang terlambat dan tidak bisa memberikan suara, karena memang untuk pencoblos hanya kita batasi pukul 13.00 WIB dan tidak ada penambahan waktu meskipun hujan,” tambah Restu.
Namun menurut Restu, selama pelaksanaan Pilkada serentak di Kabupaten Rejang Lebong terus diguyur hujan, ia berharap partisipasi pemilih di Kabupaten Rejang Lebong tetap tinggi, minimal menurut Restu sama dengan Pilkada sebelumnya.
“Untuk angka pasti partisipasinya saya belum pegang, namun kami berharap minimal sama dengan Pilkada sebelumnya,” harap Restu.

Kemudian terkait dengan penghitungan suara hasil Pilkada serentak di Kabupaten Rejang, menurut Restu hingga Rabu sore kemarin masih terus berlangsung meskipun ia mengaku dibeberapa titik proses perhitungan sudah selesai. Ia berharap proses perhitungan cepat selesai.
“Alhamdulillah kalau untuk kendala, selama pelaksanaan Pilkada ini tidak ada kendala yang berarti,” demikian Restu.

Senada dengan yang disampaikan Ketua KPU Rejang Lebong, Kapolres Rejang Lebong, AKBP Puji Prayitno, SIK MH juga mengungkapkan pelaksanaan Pilkada serentak di Kabupaten Rejang Lebong bisa berjalan dengan aman dan lancar.
“Untuk pelaksanaan Pilkada serentak di Rejang Lebong alhamdulillah berjalan aman dan lancar,” singkat Kapolres.(251)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*