Cuaca Ekstrem Waspada Penyakit

Foto : IST

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Menanggapi cuaca yang saat ini sedikit ekstrem, membuat Pemerintah Kota Bengkulu mengimbau masyarakat agar mewaspadai penyakit yang timbul akibat pancaroba. Bahkan sejumlah penyakit, seperti batuk, pilek, demam, dan inspeksi saluran pernapasan, bisa terjadi di musim ini.

“Agar terhindar dari ancaman penyakit tersebut, masyarakat diminta menerapkan pola hidup sehat. Kurangi minum es dan banyak konsumsi vitamin,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu, Susilawati MKes, kemarin (13/3).

Menurutnya, kondisi tersebut akan terus berlangsung sampai cuaca ekstrem berakhir atau memasuki musim hujan. Ia tak mengetahui secara pasti sampai kapan cuaca panas disertai angin kencang ini berakhir. Sebab, cuaca saat ini tak dapat diprediksi. “Kondisi cuaca sulit diprediksi, tugas kita adalah menjaga kesehatan agar tubuh tetap fit,” ujar nya.

Meski demikian, Ia memastikan stok obat-obatan di semua pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di Kota Bengkulu cukup aman. Ia meminta masyarakat memanfaatkan puskesmas sebagai fasilitas kesehatan pertama untuk berobat. “Berobat di puskesmas dijamin gratis,” ujarnya.

Ia mengakui ada tren peningkatan pasien sejak cuaca ekstrem terjadi. Kini, sehari ada sekitar 100 orang yang berobat, meningkat dibanding sebelumnya, yang rata-rata hanya 80 pasien. “Keluhan paling banyak adalah batuk, pilek, demam, dan radang,” ucapnya.

Menurutnya, penderita penyakit tersebut selalu meningkat ketika memasuki musim pancaroba. Karena itu, pihaknya meminta warga menjaga ketahanan tubuh dan memperbanyak mengkonsumsi vitamin.”Jaga kesehatan dan perbanyak minum vitamin, karena cuaca ekstrem seperti ini bisa menimbulkan penyakit,” tutupnya.

Sementara itu, Kasi Informasi dan Data BMKG Bengkulu, H Sudiyanto SP menyatakan, agar masyarakat dapat menjaga kondisi kesehatannya mengingat cuaca buruk yang disertai angin kencang diperkirakan akan terjadi di Bengkulu hingga April mendatang.

Hal itu dikarenakan Kota Bengkulu menjadi tempat berbeloknya angin dari Samudera Hindia menuju arah Selatan Jawa. Bahkan mulai dari 10 Maret sampai 10 April mendatang akan ada hujan menengah hingga besar yang melanda Provinsi Bengkulu. “Peluang terjadinya hujan menengah besar akan terjadi dengan peluang 80 sampai 100 persen,” tutupnya.(999)