Cuaca Ekstrem, Petugas BPBD Kabupaten Kaur Diminta Siaga

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaur Ujang Syafiri SPd

BINTUHAN,BE – Cuaca ekstrem sedang melanda Provinsi Bengkulu, khususnya di Kabupaten Kaur. Menangapi hal ini, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaur Ujang Syafiri SPd, meminta petugas BPBD untuk tetap bersiaga. Ia juga meminta masyarakat tidak terlelap tidur selama cuaca ekstrem berlangsung.

“Seperti wilayah yang rawan pohon tumbang harus dijaga aktif. Juga ketika ada bencana, petugas BPBD sudah memberikan pertolongan,” kata Ujang, Sabtu (5/12).

Dikatakan Ujang, ia juga mengimbau pengguna jalan yang melintas di Jalan Lintas Barat di daerah ini, agar mewaspadai satu titik jalan nasional yang rawan longsor. Tebing batu yang terletak di Desa Tebing Rambutan selain rawan longsor, daerah ini juga terkenal sangat terjal dan licin. Sehingga sangat berbahaya bagi kendaraan yang melintas ketika turun hujan, terlebih bagi pengemudi yang belum berpengalaman.

“Di daerah ini ada satu titik Jalan Lintas Barat (Jalinbar) yang rawan longsor, kita mengimbau agar pengendara lebih waspada saat lewat di jalan tersebut,” imbaunya.

Ditambahkannya, selain Tebing Rambutan, juga ada beberapa titik jalan juga kerap terjadi longsor saat turun hujan. Seperti tebing Seranjangan, Tebing Jembatan Air Kinal dan Tebing Jembatan Luas dan Muara Sahung. Meskipun begitu, dilokasi itu sudah dipasang rambu peringatan. Pengemudi diharapkan dapat menjadikan rambu sebagai pedoman. Terlebih, dalam seminggu terakhir ini hujan turun cukup deras.

“Kalau sedang musim hujan longsor bisa saja terjadi. Material longsor bisa menutupi hampir sebagian besar badan jalan. Jika nanti terjadi longsor di jalan tersebut, ada alat berat terus siaga,” tandasnya. (618)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*