Cuaca Ekstrem di Kota Bengkulu, Dewan Minta DLH Antisipasi Pohon Tua

FOTO IMAN/ BE – Waka I DPRD Kota Bengkulu, Marliadi.

BENGKULU, bengkukuekspress.com – Kondisi cuaca yang saat ini sedang memasuki musim hujan disertai angin kencang kerap mengakibatkan terjadinya pohon tumbang di wilayah Kota Bengkulu. Akhir-akhir ini, beberapa peristiwa pohon tumbang terjadi di Kota Bengkulu yang mengakibatkan bangunan serta kendaraan menjadi korbannya. Bahkan, tumbangnya pohon tua dan rapuh juga berakibat mengganggu lalu lintas karena menutupi akses jalan pengguna lalu lintas.

Menyikapi hal tersebut, Wakil Ketua I DPRD Kota Bengkulu, Marliadi SE meminta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bengkulu untuk lebih prioritas melihat pohon-pohon yang sudah tua dan berpotensi rawan tumbang. Pohon-pohon tersebut agar segera dipangkas sebelum menimbulkan korban jiwa.

“Menyikapi cuaca yang saat ini kurang bersahabat dan ekstrem saat ini kan yang banyak pohon-pohon tumbang, mungkin DLH lebih harus prioritas untuk melihat pohon-pohon yang sudah tua dan jika sudah memang layak untuk dipangkas maka tentu perlu dipangkas agar tidak mengakibatkan korban jiwa,” ungkap Marliadi.

Ia menambahkan, jika memang diperlukan pemangkasan atau pengantian pohon yang sudah tua dan rawan tumbang dengan penanaman yang baru. Hal itu dilakukan untuk menekan potensi pohon tumbang di Kota Bengkulu yang sangat membahayakan dan menjadi ketakutan masyarakat apabila dilanda angin kencang yang disertai hujan lebat.

“Jika memang perlu ditebang atau katakanlah diganti dengan yang baru ya bisa saja dilakukan. Tapi itu masalah teknis, yang tentu paham adalah pihak DLHnya,” tutup Marliadi. (Imn)