Cuaca Buruk, Transportasi ke Enggano Terhambat

IST/BE
Pelabuhan Enggano dalam 2 pekan tidak ada kapal yang masuk lantaran cuaca buruk.

ENGGANO, bengkuluekspress.com – Akibat cuaca buruk dan gelombang tinggi, transportasi laut menuju Pulau Enggano selama dua pekan sempat terhambat. Namun untuk saat ini transportasi ke Pulau Enggano yakni KPM Pullo Telo sudah masuk ke pelabuhan Enggano. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kapolsek Enggano, IPTU Bayu Heri P SH MH saat dikonfrimasi awak BE.
“Ya, memang selama dua pekan lalu, transportasi laut menuju ke Enggano sempat terhambat, akibatnya warga enggano yang memiliki keperluan diluar pulau serta hasil bumi sempat tertunda. Namun sejak kemarin (20/8) KPM Pullo Telo sudah masuk,” ujar Kapolsek Iptu Bayu.

Iptu Bayu juga menyampaikan, bahwa berdasarkan informasi BMKG Provinsi Bengkulu. Potensi gelombang tinggi di perairan Enggano terjadi sejak minggu pertama bulan Agustus, Dimana gelombang tinggi mencapai 3,5 meter hingga 5 meter. Sehingga mobilitas ke Enggano sempat terhambat, dimana untuk diketahui bahwa akses transportasi kepulau enggano melakui via laut hanya ada dua tarnspoertasi yakni kapal ferry dan perintis.
“Maka dari itu, selama 2 pekan terakhir kapal tidak ada yang masuk, karena gelombang tinggi,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Iptu Bayu juga menuturkan, kendati kemarin sudah ada kapal yang masuk, akan tetapi hanya kapal ferry saja sedangkan kapal perintis yakni Sabuk Nusantara belum bisa masuk karena kondisi yang saat ini belum menungkin. Kendati demikian tidak memperbgaruhi aktivitas masyarakat, karena saat ini di Enggano sendiri tengah memberlakukan PPKM Level 4 sehingga untuk semnatara ini akses keluar masuk ke enggano juga terbatas.
“Allhamdulillah meski hanya kapal ferry yang beroperasi, tidak mempengaruhi mobilatas warga kita (Enggano) di sini, karena saat ini juga kita tengah menerapkan PPKM level 4,”tukasnya.(127)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*