CPNS 2018, 3 Formasi ini jadi Prioritas

jpnn.com, JAKARTA – Rekrutmen CPNS 2018 bakal digelar pascapilkada pada Juni mendatang.

Saat ini pemerintah tengah melakukan validasi data usulan kebutuhan tambahan formasi CPNS yang diajukan instansi pusat dan daerah.

Rencananya penetapan formasi CPNS 2018 dilakukan Mei. Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengungkapkan, dalam rekrutmen CPNS tahun ini akan difokuskan pada tiga formasi. Yakni, formasi untuk tenaga pendidik, kesehatan, dan infrastruktur.

Namun yang mendapatkan kuota terbesar adalah formasi tenaga pendidik, disusul tenaga kesehatan. Sedangkan tenaga yang bergerak di bidang infrastruktur persentasenya kecil.

“Tahun ini rekrutmen CPNS fokus pada tenaga pendidik dan kesehatan. Ini karena daerah-daerah mengalami kekurangan guru dan tenaga kesehatan,” kata Bima kepada JPNN, Sabtu (31/3).

Dia menambahkan, tiga formasi tersebut untuk rekrutmen dari jalur umum. Sedangkan dari jalur ikatan dinas, akan dilaksanakan sebelum Pilkada.

“Jadi nanti yang duluan rekrutmen CPNS dari jalur ikatan dinas. Ada delapan sekolah ikatan dinas yang akan melaksanakan rekrutmen CPNS nanti,” ucapnya.

Tahun ini rencananya, pemerintah akan melaksanakan rekrutmen CPNS. Pemerintah menyiapkan kuota 70 persen dari total pensiun yakni sekira 220 juta orang. (esy/jpnn)