Covid-19 Makin Meluas, Pegawai BKD Kaur Di-Swab

TEST: Pegawai dan honorer BKD Kaur saat menjalani rapid test oleh tim gugus tugas Covid-19 di kantor BKD Kaur , Selasa (27/10).

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Kantor Badan Keuangan Daerah (BKD) Kaur untuk sementara ini ditutup. Hal ini dilakukan lantaran adanya ASN yang positif terpapar Covid-19. Gugus tugas sendiri usai mendapat kabar itu, langsung melakukan tracking perjalanan dan menggelar rapid test. Hasilnya sejak Senin 26 Oktober hingga Selasa (27/10) kemarin, tercatat 10 orang reaktif hasil rapid test dan wajib menjalani isolasi mandiri.

Hingga Selasa (27/10) tim gugus tugas mencatat sebanyak 83 ASN dan honorer di BKD Kaur sudah menjalani rapid test. Beberapa hari sebelumnya juga di Inspektorat, Bappeda Litbang, Staf Setda hingga kantor KB juga sudah menjalani rapid test. Dimana seluruh ASN dan honorer di BKD wajib menjalani rapid test. Hal ini untuk mencegah wabah Covid-19.

“Kita tagetkan hari ini rapid test selesai, untuk sementara kantor pelayanan kita tutup terlebih dahulu, nanti kita buka kembali,” kata Kepala BKD Kaur, Alian Suhadi SPd, Selasa (27/10).

Sekda Kaur H Nandar Munadi MSi, sendiri mengambil langkah cepat terkait dengan penyebaran Covid-19 melalui surat bernomor 900/619/BKD/KK/2020 menyurati sejumlah OPD menegaskan dilakukan penutupan sementara Kantor BKD Kaur.

“Sehubungan dengan kasus Covid-19 yang mana salah satu staf BKD positif, diambil langkah dengan memutus mata rantai penyebaran virus. Sehingga pelayanan BKD untuk hari Selasa 27 Oktober, ditutup dan dibuka kembali secara terbatas pada 2 November mendatang,” terangnya.

Tim kesehatan Covid-19 Pemkab Kaur melalui Kabid P2P Dinkes Juli Haryanto SKM menegaskan, hingga kemarin ada 10 orang yang diambil sample swab yang dikirim ke RSUD M Yunus Bengkulu. Pengambilan sample swab ini lantaran 10 orang yang berasal dari BKD tersebut karena reaktif saat dilakukan rapid test. Menurutnya, hasil rapid test belum menjamin akurat, sehingga perlu dilakukan uji swab PCR langsung ke RSUD M Yunus.

“Ada 10 yang kita ambil swab semuanya sudah kita lakukan dan kita kirim ke Bengkulu,” tegasnya.

Semprot Total

Sementara itu, Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemkab Kaur, Ujang Syafiri, SPd, menegaskan, hingga kemarin pihaknya bekerjasama dengan sejumlah pihak terus melakukan upaya pencegahan salah satunya dengan menyemprot disinpektan. Mulai dari sarana ibadah hingga gedung kuliner dan beberapa fasilitas lainnya yang ada di Kabupaten Kaur. Kemarin dipastikan seluruh OPD sudah dilakukan penyemprotan disinpektan, Gugus Tugas bersama PMI terus melakukan upaya pencegahan.

“Ya hari ini beberapa lokasi duah kita semprot disenpektan, dimana arapan kita ini tidak lagi meluas penyebaran Covid-19. Masyarakat kita harap agar selalu menerapkan 3M (Mencuci Tangan, Menggunakan Masker, Menjaga Jarak,” tandasnya.(618)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*