Coklit Pemilih, PPDP Harus Door To Door

 KPU Kaur saat menggelar Bimtek pencocokan dan penelitian daftar pemilih Pemilu serentak 2019 kepada PPK di GSG, Senin (9/4).
KPU Kaur saat menggelar Bimtek pencocokan dan penelitian daftar pemilih Pemilu serentak 2019 kepada PPK di GSG, Senin (9/4).

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kaur mengingatkan kepada petugas panitia pemutakhiran data pemilih (PPDP), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Kaur, untuk melaksanakan tugasnya melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih secara benar dan sungguh-sungguh. Sehingga diperoleh data pemilih secara utuh.

“Untu proses Coklit yang benar adalah dilakukan dengan mendatangi dari rumah ke rumah atau door to door, karena kita minta kepada seluruh PPDP, pantarlih, PPK agar sungguh-sungguh mendatangi rumah ke rumah setiap warga dan mencatat dengan baik dan benar,” kata Ketua KPUD Kaur Sirajjudin Aksa MTPd, saat mengelar Bimtek pencocokan dan penelitian daftar pemilih Pemilu serentak 2019 di GSG, kemarin (9/4).

Dikatakan Siraj, Coklit tidak hanya mendata pemilih saja. Lebih dari itu, dalam kegiatan Coklit ini, petugas PPDP juga melakukan sosialisasi dan pendidikan pemilih berbasis keluarga. Oleh karena itu, metode door to door wajib dilakukan. Juga Bimtek ini bertujuan untuk mempersiapkan penyusunan daftar pemilih hasil dari pemutakhiran.

Menurutnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat melakukan penyusunan diantaranya harus memperhatikan hasil coklit oleh PPDP.

“Jadi PPK harus benar-benar memastikan PPDP atau Pantarlih melakukan coklit dengan mendatangi rumah ke rumah dan PPDP harus mengisi buku kerja yang sudah diberikan,” tegasnya.

Ditambahkannya, ia juga mengingatkan, untuk PPDP hanya boleh menyerahkan laporan hasil kerja kepada PPS dan PPK. Namun apabila ada yang ingin meminta informasi terkait Coklit, maka PPDP bisa memberikan informasi seluas-luasnya.

Juga pihaknya akan terus bersinergi dengan pihak Disdukcapil Kaur untuk memastikan agar pemutakhiran data pemilih tetap memenuhi prinsip-prinsip.

“Daftar pemilih yang akurat menjadi kunci untuk meningkatkan persentase tingkat partisipasi pemilih, makanya kita kepada peserta Bimtek ini bisa menjakankan tugasnya semaksimal mungkin,” jelasnya.(618)